SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, JAKARTA–Kurs rupiah diprediksi masih mengalami depresiasi pada perdagangan, Rabu (15/6/2022).

Hal ini dampak dari penguatan dolar AS menjelang keputusan suku bunga Federal Reserve.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (14/6/2022), rupiah ditutup melemah 0,12% atau 17 poin sehingga parkir di posisi Rp14.699,00 per dolar AS.

Dolar AS naik tipis terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat, mencapai level tertinggi baru dua dekade.

Indeks dolar AS, yang melacak kinerjanya terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,1% pada 105,27, setelah naik ke level 105,32, terkuat sejak Desember 2002.

Baca Juga: Kurs Rupiah di BRI, BNI, Mandiri, dan BCA, Selasa (14/6/2022)

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengungkapkan penguatan indeks dolar sebelumnya terjadi mengikuti rilis indeks harga konsumen AS bulan Mei yang melonjak ke level tertinggi dalam empat dekade 8,6%.

Para pedagang ungkapnya memperkirakan kenaikan suku bunga oleh The Fed secara agresif untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga.

“Pasar telah bergegas untuk bertaruh pada kenaikan cepat setelah pembacaan inflasi yang tak terduga pada hari Jumat. Kenaikan suku bunga 75 basis poin berturut-turut pada Juni dan Juli mendekati harga penuh, mengirimkan gelombang kejutan di seluruh kelas aset,” ungkap Ibrahim dalam riset harian, Selasa (14/6/2022).

Karena prospek kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh The Fed tersebut, tingkat imbal hasil US Treasury tenor dua tahun naik kuat dan berada di level 3,31%.

Kenaikan tersebut menurut Ibrahim dilihat sebagai tanda resesi yang akan datang.

Baca Juga: Kurs Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp14.682 Per Dolar AS

Sementara itu, di dalam negeri terdapat sentimen positif dari realisasi penyerapan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022 dan juga kasus positif Covid-19 di Indonesia yang lebih rendah dibandingkan dengan negara lain.

Lalu terkait dengan Covid-19, pemerintah menyebutkan tingkat kesembuhan secara nasional telah mencapai 97% dan angka kematian 2,58%.

Berdasarkan sentimen di atas, Ibrahim memperkirakan pergerakan rupiah pada Rabu (15/6/2022), akan berfluktuatif dan kembali ditutup melemah di rentang Rp14.680 – Rp14.730.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Rabu 15 Juni 2022

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya