SOLOPOS.COM - Petugas DLH dan Dinas Damkar Solo menyemprot lahan di TPA Putri Cempo, Mojosongo. Solo, untuk mengurangi asap, Senin (7/10/2019) malam. (Solopos/Candra Mantovani)

Solopos.com, SOLO — Enam unit mobil pemadam kebakaran dari Solo dikerahkan ke TPA Putri Cempo untuk mengatasi masalah asap yang mengganggu warga, Senin (7/10/2019).

Informasi yang diperoleh Solopos.com, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo mulai meninjau kembali lahan TPA Putri Cempo, Mojosongo, untuk mengurangi asap yang ditimbulkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Damkar Solo mengerahkan enam unit mobil pemadam kebakaran untuk menyemprot lahan yang terbakar agar asap yang ditimbulkan dapat berkurang mulai pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Dipenuhi Asap, Tumpukan Sampah di TPA Putri Cempo Solo Nyaris Tak Terlihat

Metode yang digunakan tidak seperti saat memadamkan api dengan mengerahkan personel terjun ke gunungan sampah dan membawa selang. Damkar Solo menerapkan metode menyemprot lahan berasap menggunakan water canon.

“Hari ini kami ada enam unit mobil damkar, satu dari BPBD, dan dua dari DLH Solo untuk membantu menyemprot lahan terbakar. Semua kami kerahkan karena memang kondisi asap sudah parah sekali. Jadi malam ini kami terus lakukan penyemprotan hingga kami lihat asap sudah berkurang banyak,” jelas Kepala Damkar Solo, Gatot Sutanto, kepada Solopos.com.

Menurut Gatot, persiapan dilakukan sejak pukul 16.00 WIB dan mulai bergerak menyemprot lahan pada pukul 17.00 WIB. Dia menegaskan penyemprotan lahan itu untuk mengurangi asap, bukan pemadaman.

Baca juga: Kabut Asap Paksa Puluhan Warga Plesungan Karanganyar Mengungsi

“Besok kami baru rencanakan strategi pemadaman. Sekarang fokus kami untuk meminimalkan dampak asap terlebih dulu,” imbuh dia.

Terpisah, Kepala DLH Solo, Sri Wardhani Poerbowidjojo, mengatakan penyemprotan lahan untuk mengurangi asap dilakukan lantaran sudah banyak komplain dari warga.

Selain itu, fakta banyak warga dan anak yang mengungsi membuatnya segera berkoordinasi untuk mengatasi permasalahan asap.

“Tadi kami langsung rapat koordinasi dan langsung mengerahkan petugas. Karena memang sudah parah sekali ini. Jadi kami harus segera bertindak mengatasi permasalahan asap yang memang sudah berdampak pada wilayah tetangga kami,” bebernya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya