Kupas Tuntas Tema Populer Kesehatan dari Studio RS JIH Solo

RS JIH Solo membangun studio khusus untuk talkshow edukasi membahas tema-tema kesehatan dengan dokter-dokter ahli.
Kupas Tuntas Tema Populer Kesehatan dari Studio RS JIH Solo
SOLOPOS.COM - Situasi talkshow live kesehatan dengan tema Kenapa Assesment Pendengaran Bayi dan Anak Penting gelaran RS JIH Solo, Jumat (24/9/2021) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — RS (Rumah Sakit) JIH Solo yang beralamat di Jl Adi Sucipto Nomor 118 Laweyan, Solo, sejak Maret 2021 lalu merintis program edukasi kesehatan memanfaatkan platform media sosial.

Hal itu berangkat dari kondisi pandemi Covid-19 yang melanda negeri selama setahun lebih tujuh bulan dan telah banyak mengubah kehidupan masyarakat.

Tidak terkecuali aktivitas masyarakat dalam hal mendapatkan informasi kesehatan. Pembatasan mobilitas masyarakat membuat pertemuan-pertemuan langsung guna membahas kesehatan digantikan dengan pertemuan secara online atau dalam jaringan.

Baca Juga: Ditunjuk Terapkan PeduliLindungi, 600-An Pekerja Pasar Klewer Solo Malah Belum Divaksin Covid-19

Lorong lantai VII Gedung RS JIH Solo pun disulap menjadi studio yang dilengkapi perangkat elektronik untuk siaran langsung talkshow kesehatan. Secara bergiliran, dokter-dokter di RS itu menjadi pembicara talkshow sesuai tema.

Di studio berukuran lumayan besar itu tersedia seperangkat meja dan kursi untuk host dan narasumber. Kemudian di depannya ada satu monitor besar yang berfungsi sebagai panduan informasi bagi host dan narasumber saat talkshow.

Dua lampu penerangan khusus di pasang di samping monitor itu. Tak ketinggalan terdapat satu meja kontrol yang dilengkapi dengan tiga monitor. Sementara di sisi belakang ada seperangkat meja kursi dan mikrofon khusus program Podcast.

Baca Juga: Perjuangkan Nasib Petani, Mahasiswa Soloraya Unjuk Rasa di Ngarsopuro Solo

“Itu untuk Podcast. Dalam waktu dekat kami akan launching program baru Podcast, masih dengan tema kesehatan,” ujar Direktur Operasional dan Keuangan RS JIH Solo, Mochamad Isfaq Rochman, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (24/9/2021).

Komitmen Mengedukasi Masyarakat

Ia mengatakan RS JIH Solo sangat serius dengan program edukasi kesehatan menggunakan platform digital. Selain untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, juga terkait kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Alat-alat yang ada di studio memang khusus kami beli untuk mendukung program talkshow kesehatan dan Podcast yang segera kami luncurkan. Ini bentuk komitmen kita ikut mengedukasi masyarakat tentang kesehatan,” urainya.

Baca Juga: Psywar ke AHHA PS Pati Berlanjut, Gibran: Sponsor Persis Solo Lebih Banyak sampai Jersey-ne Kebak

Ihwal talkshow yang selama ini berjalan, menurut Isfaq, disiarkan secara live di Instagram dan Youtube RS JIH Solo saban Jumat mulai pukul 14.00 WIB. Talkshow membahas berbagai tema kesehatan yang sedang viral di Internet.

Sejak diluncurkan Maret 2021, lanjut Isfaq, semakin banyak netizen yang aktif memantau talkshow RS JIH Solo. “Paling banyak penontonnya ibu-ibu usia 20 tahun ke atas. Tema yang disukai tentang kandungan dan anak,” katanya.

Tapi Isfaq menyatakan tema yang dibahas tidak hanya kesehatan fisik. Kesehatan mental atau psikis anak juga sering dibahas. “Dulu saat ramai fenomena ghosting kami bahas dari aspek dampaknya bagi kesehatan psikis,” sambungnya.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago