SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendidikan SMP (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gara-gara kuota tak terpenuhi, sembilan SMP negeri di Kabupaten Karanganyar memperpanjang masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022/2023.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Endang Tri Hadiningsih, mengatakan sekolah diperbolehkan memperpanjang waktu pendaftaran bagi yang tidak memenuhi kuota daya tampung.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Pendaftaran ini digelar secara offline di masing-masing sekolah. Tidak ada batas waktu,” kata dia ketika berbincang dengan wartawan pada Rabu (29/6/2022) petang.

Ekspedisi Mudik 2024

Sembilan sekolah tidak memenuhi kuota ini di antaranya SMPN 2 Jatipuro, SMPN 2 Jumapolo, SMPN 2 Matesih, dan SMPN 2 Tawangmangu. Kemudian SMPN 2 Ngargoyoso, SMPN 3 Ngargoyoso, SMPN 3 Karangpandan, SMPN 1 Jatiyoso, dan SMPN 2 Jatiyoso.

Baca Juga: Server PPDB SMA/SMK Sempat Down, CPD Solo Ramai-Ramai Datangi Sekolah

Selain SMPN, terdapat tiga sekolah swasta yang juga tak memenuhi kuota dalam PPDB yang digelar secara online. Masing-masing SMP Penda Mojogedang, SMP Amal Mulya Tawangmangu, dan SMP Muhammadiyah 9 Jaten.

Dalam beberapa kasus, menurut Endang, kuota sekolah tak terpenuhi karena peserta didik memilih sekolah lain di zona sama. Selain itu faktor lainnya adalah sekolah negeri kalah start dibandingkan sekolah swasta yang lebih dulu membuka pendaftaran. Bahkan sekolah di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) juga membuka pendaftaran lebih dulu sehingga menyedot calon peserta didik ke sekolah tersebut.

“Ada juga sekolah yang aktif jemput bola. Calon peserta didik ini sudah diterima di sekolah itu sebelum PPDB online dibuka,” katanya.

Baca Juga: Simak! Ini Syarat PPDB SMA dan SMK Jateng 2022

Meski demikian secara umum pelaksanaan PPDB 2022/2023 berjalan lancar dan tidak ada kendala apa pun. Pelaksanaan penerimaan PPDB tingkat SMP ini dibuka pada 20-23 Juni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya