Kuota Internet Gratis untuk Pelajar Diperpanjang Lagi, Bisa Buat TikTokan?
Solopos.com|news

Kuota Internet Gratis untuk Pelajar Diperpanjang Lagi, Bisa Buat TikTokan?

Kuota internet belajar gratis bagi pelajar dan pengajar akan diperpanjang selama tiga bulan dimulai pada Maret 2021. Bisa untuk akes medsos?

Solopos.com, SOLO -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud, Nadiem Makarim menegaskan akan memperpanjang program kuota internet gratis kepada pelajar dan juga pendidik selama tiga bulan, dimulai Maret 2021.

Hal ini dikarenakan selama pelaksanaannya, program pemberian kuota belajar gratis ini disambut baik oleh semua kalangan dan dianggap sangat tepat untuk menjawab krisis.

"Hasil survei tersebut juga menunjukkan 85,6% menilai program ini meringankan beban ekonomi orang tua dan siswa di masa pandemi," jelas Nadiem dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Rabu (3/4/2021).

Baca Juga: Jadi Pelakor Suami Vanessa Angel, Mayang Sary Bilang Rasanya Mantap!

Terkait fleksibilitas penggunaan kuota belajar Kemendikbud, Nadiem menyampaikan telah menyerap masukan dari semua pihak. Nantinya, pelajar maupun pendidik bisa menikmati kuota internet gratis ini untuk mengakses yang lain, seperti media sosial Facebook, Instagram maupun TikTok. Akan tetapi, aksesnya pun dibatasi.

“Sehingga kami memutuskan untuk bantuan tiga bulan ke depan ini, membuka paket yang sebelumnya dibatasi hanya kuota belajar menjadi paket kuota umum, tapi yang akan dibatasi adalah hal-hal seperti media sosial, Facebook, Instagram, TikTok, dan gim tentu kita batasi," tambah dia.

Baca Juga:  Potret Mesra Suami Vanessa Angel Bareng Pelakor Mayang Sary

Menteri Nadiem menegaskan bantuan kuota internet gratis ini akan segera dikirimkan pada tanggal 11 Maret 2021.

“Bagi penerima di 2020 akan tetap menerima kuota belajar ini, kecuali bagi yang di 2020 penggunaannya di bawah 1 GB, tidak akan menerima lagi karena kita berasumsi bahwa tidak membutuhkan bantuan kuota tersebut. Bagi yang nomor teleponnya berubah, akan menunggu kuota sampai pertengahan April 2021," imbuh Nadiem.

Baca Juga: Meski Tetanggaan, Kisah Cinta Wali Kota Solo Gibran dan Selvi Berawal di Singapura

PTM di Tahun Ajaran Baru

Tak hanya soal kuota internet gratis, di kesempatan itu ia juga menyinggung soal pembelajaran tatap muka (PTM) di tahun ajaran baru 2021.

"Kemudian dari arahan pak presiden dan dari perjuangan semua pihak di Kementerian Kesehatan yang telah memprioritaskan guru-guru untuk program vaksinasi. Target kami di pekan kedua Juli 2021 semua sekolah seharusnya sudah bisa bertatap muka secara terbatas," ungkap dia.

Baca Juga: Deretan Artis Indonesia yang Meninggal karena Covid-19

Nadiem juga menyampaikan kabar baik mengenai program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang telah disesuaikan. Di mana dana BOS langsung dikirim ke masing-masing sekolah tanpa perlu melalui Pemda.

“Tahun 2020 kita sudah mengubah beberapa hal, yakni kita mentransfer dana BOS langsung ke sekolah tidak melalui Pemda, sehingga orang tua siswa
tidak perlu menalangi operasional sekolah, di tahun 2020 perubahan ini dampaknya luar biasa. Kita juga memberikan fleksibilitas penggunaan dana BOS untuk berbagai macam kebutuhan,” kata dia.

Baca Juga: 3 Langkah Jitu Sandiaga Uno Bangun Lagi Pariwisata Indonesia



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago