SOLOPOS.COM - Kunyit yang dapat digunakan mengatasi berbagai masalah kulit (bitsofwellness.com)

Solopos.com, SOLO -- Salah satu empon-empon, kunyit diklaim mampu membunuh virus tertentu. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin pada rempat-rempah berwarna oranye ini.

Disebut dalam makalah yang ditayangkan Suara.com, kurkumin dapat membunuh dan mencegah virus gastroenteritis menular (TGEV), penyakit yang ditandai dengan diare dan muntah. Virus ini menginfeksi babi dan bersifat menular.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gaya Wika Salim Naik Motor Gede Bikin Pria Adem Panas, Mau Dibonceng?

"Kurkumin memiliki efek penghambatan yang signifikan pada adsorpsi TGEV dan efek inaktivasi langsung tertentu, menunjukkan bahwa kurkumin memiliki potensi besar dalam pencegahan infeksi TGEV," kata Lilan Xie, peneliti di Institut Bioteknologi Wuhan, China

Tak hanya TGEV, kurkumin pada kunyit bisa juga menghambat virus lain seperti virus dengue, hepatitis B, dan virus zika.

Kata Cinta Laura, 3 Serial Film Netflix Ini Wajib Ditonton

"Ada kesulitan besar dalam pencegahan dan pengendalian penyakit virus, terutama ketika tidak ada vaksin yang efektif. Pengobatan tradisional China dan bahan aktifnya merupakan perpustakaan skrining yang ideal untuk obat antivirus karena kelebihannya, seperti kemudahan perolehan dan efek samping yang rendah," tambah Xie.

Lalu, apakah kurkumin pada kunyit juga bisa membunuh virus corona atau Covid-19?

kematian covid-19 Jatim polresta solo sragen wonogiri zona hijau covid-19 pasien ponorogo positif karangnongko kriteria solo hijau kuning merah oranye Madiun kasus konfirmasi positif covid-19 solo
Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami Tanpa Rasa Sakit

Imunitas Tubuh

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Inggrid Tania mengungkap kurkumin bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh.

"Salah satu manfaat kurkumin yang terungkap melalui berbagai penelitian dan uji klinis adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh atau berperan sebagai imunomodulator," ujarnya dilansir Liputan6.com.

Kesurupan Bisa Menular Terutama pada Perempuan, Ini Cara Mencegahnya

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Dekan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Daryono Hadi Tjahjono.

Ia menjelaskan kurkumin pada kunyit bisa mencegah virus corona. Tetapi, ia belum bisa memastikan apakah kunyit juga bisa membunuh Covid atau tidak.

Punya Layar Jumbo, 5 HP Ini Cocok untuk Menonton Film

"Manfaat kurkumin terhadap penyembuhan Covid-19 tentu masih memerlukan pembuktian melalui penelitian lanjutan. Diperlukan kerja keras dari berbagai pihak seperti peneliti, industri farmasi dan pemerintah Indonesia dalam pengembankan tanaman-tanaman tersebut hingga menjadi obat fitofarmaka sebagai antivirus terhadap Covid-19," jelas Daryono.

Insomnia? Begini Cara Tidur Ala Militer, Dijamin 2 Menit Langsung Terlelap

Bikin Iri! Ini Momen Mesra Tante Ernie Pemersatu Bangsa Bareng Suami

Informasi Obat Herbal Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya