Kunker ke Jatim, DPRD Wonogiri Tak Banyak Dapat Ilmu

DPRD Wonogiri melakukan kunker ke tiga DPRD di Jawa Timur yaitu DPRD Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan, dan Kota Mojokerto.
Kunker ke Jatim, DPRD Wonogiri Tak Banyak Dapat Ilmu
SOLOPOS.COM - Rombongan DPRD Kabupaten Wonogiri melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kantor DPRD Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (30/11/2021). (Solopos.com/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI—Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonogiri bersama wartawan melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di tiga Kantor DPRD daerah di Jawa Timur, Selasa-Rabu (30/11/2021-2/12/2021).

Rombongan menimba ilmu tentang kehumasan atau kerja sama dengan media. Namun, tak banyak informasi yang dapat diperoleh. Lokasi tujuan kunker, meliputi DPRD Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan, dan Kota Mojokerto.

Hanya pejabat Sekretariat DPRD Bangkalan yang dapat memberi informasi tentang kehumasan. Pejabat bersangkutan pun merasa perlu banyak belajar dari DPRD Wonogiri yang dianggap dapat membangun kerja sama yang baik dengan media.

Baca Juga: Unik, Seluruh Rumah di Dusun Ginade Wonogiri Ini Menghadap Selatan

Sebagai informasi, rombongan terdiri atas tiga Wakil DPRD Wonogiri, empat anggota DPRD perwakilan dari empat komisi, satu anggota DPRD yang mewakili Ketua DPRD, 11 wartawan, dan 18 pegawai Sekretariat DPRD. Rombongan berangkat Senin (29/11/2021) siang dan menginap di Holiday Inn Express Surabaya Centerpoint.

Kunker hari pertama di Kantor DPRD Bangkalan. Rombongan disambut Kepala Bagian (Kabag) Umum, Taufiq Khurohman dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum, Arief Mahmud. Saat itu seluruh anggota DPRD Kabupaten Bangkalan sedang kunker ke luar daerah dalam provinsi, sehingga tidak dapat menemui rombongan.

Taufiq menyampaikan, sejak 2020 seluruh kerja sama dengan media dihandel Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sehingga DPRD tidak dapat menentukan kerja sama dengan media. Kerja sama dengan media yang terjalin sebatas komunikasi yang baik dengan wartawan. Apabila ada legislator yang ingin menyampaikan sesuatu biasanya Sekretariat DPRD menghubungkan dengan wartawan tertentu.

Baca Juga: Ingat, Vaksinasi Berhadiah Utama Motor di Klaten Berlaku 6-16 Desember

“Kami tidak menggelar jumpa pers. Kalau ada anggota DPRD yang ingin menyikapi hal tertentu biasanya mengundang beberapa wartawan saja. Kalau jumpa pers belum memungkinkan, apa lagi ada wartawan yang tak jelas. Kami juga tak memiliki ruang wartawan. Kalau ada wartawan ke sini biasanya saya tempatkan di ruang kerja saya,” ucap Taufiq.

Dia tak memungkiri pernah ada pemberitaan miring terkait dengan masalah tertentu. Pada kondisi itu wartawan yang menulis berita diundang ke Kantor DPRD agar legislator atau pejabat terkait dapat memberi hak jawab.

“Kami juga belum mampu memberi honorarium kepada wartawan, karena kami belum memiliki instrumennya [aturan],” imbuh Taufiq.

Baca Juga: Wow! Vaksinasi di Klaten Berhadiah 1 Unit Sepeda Motor

 

Berwisata

Arief menambahkan DPRD Kabupaten Bangkalan justru perlu banyak belajar dari DPRD Kabupaten Wonogiri. Dia menilai, wartawan bisa ikut kunker menunjukkan DPRD Kabupaten Wonogiri memiliki hubungan baik dengan wartawan. Hingga saat ini DPRD Kabupaten Bangkalan belum dapat mengajak wartawan dalam kunker.

Setelah kegiatan usai, rombongan berwisata ke Bukit Jaddih di kabupaten setempat. Bukit Jaddih merupakan lokasi penambangan batu kapur. Area tertentu dibuat sedemikian rupa untuk tujuan wisata.

Pada hari kedua rombongan menuju Kantor DPRD Kota Pasuruan. Seluruh anggota DPRD setempat melaksanakan kunker ke Jogja, sehingga tidak ada legislator yang menyambut. Rombongan disambut Kasubag Rumah Tangga, Ari Listyowati dan Kasubag Perencanaan, Zumar.

Baca Juga: Alhamdulillah…Tak Ada Kasus Baru Covid-19 di Klaten 3 Hari Beruntun

Ari tak dapat menyampaikan informasi lebih lanjut mengenai kerja sama dengan media karena bagiannya tak mengurusinya. Kehumasan atau kerja sama dengan media dihandel bagian lain. Kegiatan pun hanya berlangsung lebih kurang 15 menit. Setelah itu rombongan berwisata di Taman Harmoni, Surabaya, tak terlalu jauh dari hotel tempat menginap.

Pada hari ketiga rombongan menuju ke Kantor DPRD Kota Mojokerto. Rombongan disambut anggota staf di lobi. Kegiatan hari itu hanya berfoto di lobi untuk keperluan laporan pertanggungjawaban kegiatan. Seluruh anggota DPRD setempat sedang kunker ke luar daerah.

Anggota staf yang menyambut tidak dapat memberi informasi apa pun terkait kehumasan atau kerja sama dengan media, lantaran bukan pejabat berwenang. Kegiatan hanya berlangsung singkat. Selanjutnya rombongan mengunjungi Objek Wisata Candi Tikus lalu kembali ke Kabupaten Wonogiri.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago