SOLOPOS.COM - Delegasi anggota G20 melihat seni karawitan di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) Sukoharjo, Jumat (24/6/2022). (Solopos/R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Delegasi dari tiga negara anggota G20 terkesima dengan seni karawitan yangg dipertontonkan saat acara penyambutan di Pendapa Graha Satya Praja (GSP) di kompleks Gedung Setda Sukoharjo, Jumat (24/6/2022). Tiga delegasi anggota G20 yang mengunjungi Sukoharjo yakni duta besar dari Mozambik, Nigeria, dan India.

Ketiga delegasi anggota G20 yang mengunjungi Sukoharjo itu masing-masing Duta Besar Mozambik, Belmiro Jose Malat; Duta Besar Nigeria, Usman Ari Ogah, dan Duta Besar India, Manoj Kumar Bharti. Rombongan delegasi anggota G20 tiba di Pendapa GSP sekitar pukul 13.30 WIB. Rombongan langsung disambut empat penari yang lemah gemulai membawakan tari gambyong. Mereka menari diiringi alunan musik karawitan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seusai penampilan tari gambyong, delegasi anggota G20 menghampiri kelompok seni karawitan. Para delegasi menyaksikan pertunjukan seni karawitan sembari memberikan aplaus dengan bertepuk tangan. “Terima kasih atas sambutannya. Ini bagus sekali,” kata Duta Besar Nigeria, Usman Ari Ogah, Jumat.

Ambassador dan CEO Club, Grace Sabandar, mengatakan Indonesia memegang presidensi forum kerjasama 20 ekonomi utama dunia selama satu tahun pada 2022. Sebelumnya, presidensi forum kerja sama G20 dipegang oleh Italia. Pada 2023, Presidensi G20 bakal dipegang oleh India.

Baca juga: Ini Persiapan Perajin Gamelan Wirun Sukoharjo Sambut Delegasi G20

Selama setahun, ada sekitar 50 rangkaian kegiatan yang melibatkan delegasi anggota G20. “Salah satu rangkain itu di Sukoharjo. Delegasi anggota G20 bakal mengunjungi desa wisata dan Sukoharjo Makmur Festival,” papar dia.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan tema yang diangkat dalam G20 yakni Recover Together, Recover Stronger. Indonesia mengajak anggota G20 untuk bahu membahu memulihkan ekonomi dunia.

Para delegasi anggota G20 bakal mengunjungi sejumlah lokasi desa wisata dan kuliner khas Sukoharjo. “Para delegasi anggota G20 bakal mengunjungi kafe jamu di Pasar Nguter, Desa Jangglengan, sentra industri kerajinan gamelan, sentra industri kerajinan gitar dan Sukoharjo Makmur Festival dj The Park Mall, Solo Baru,” kata dia.

Baca juga: Sega Guwakan, Kuliner untuk Delegasi G20 di Desa Ngrombo Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya