SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, (kiri) berfoto bersama Eri Sudarmono, 42, (kanan), dan replika robot hasil karya warga Bantul itu saat mengunjungi bengkel Er Studio Art beberapa waktu lalu.

Solopos.com, BANTUL — Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel atau bisa juga dipanggil RG mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Padukuhan Kauman, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Eri menyulap motor tua menjadi replika robot. Kedatangan Rachmat Gobel tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap usaha kreatif Eri tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Eri menyambut Rachmat Gobel dengan hangat saat tiba di rumah sekaligus menjadi workshop atau bengkel beberapa waktu lalu. Bengkel milik Eri bernama Er Studio Art.

RG pun langsung diperlihatkan sejumlah robot buatan Eri dan berfoto. “Saya sangat mengapreasiasi Pak Eri dan kawan-kawannya yang mempunyai ide-ide yang sangat brilian. Menyulap barang-barang rosok menjadi produk art atau seni yang tentunya memiliki nilai,” ujar RG seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/12/2021).

Menurut RG, apa yang dilakukan Eri bersama pegawainya perlu mendapat perhatian pemerintah, dalam hal ini perbankan. RG mencontohkan campur tangan perbankan melalui program kredit usaha rakyat (KUR).

Baca Juga : Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Harapannya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik Eri itu bisa lebih besar dan berkualitas. “Apa yang dilakukan Pak Eri ini bisa menjadi motivasi bagi para pengrajin-pengrajin lainnya dalam mengubah barang yang tadinya tidak dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki value atau nilai,” tutur dia.

Pada kesempatan itu, RG tidak hanya mengunjungi. Dia juga memesan produk robot karya anak bangsa ini. RG melakukan itu sebagai bentuk dukungannya terhadap produk UMKM.

“Saya juga tadi sudah pesan 6 robot. Saya ingin mempromosikan karya-karya beliau sehingga bisa membuka mata bagi yang lain. Anak bangsa pun bisa,” kata RG.

Baca Juga : Cek Ya! Lihat Komet Leonard Selama Desember Ini Tanpa Bantuan Alat

Eri Sudarmono pernah mengenyam pendidikan di jurusan Seni Kriya Logam Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta tahun 1999. Eri bersama pegawainya mengubah motor bekas menjadi robot.

Produknya tersebut sudah diekspor sampai China dan Jerman. Harga replika robot buatan Eri bervariasi tergantung tingkat kesulitan dan detail. Harga satu unit Rp25 juta sampai Rp60 juta.

“Pembelinya masih didominasi dari luar negeri. Namun, sejak viral ini pembeli dari berbagai kota di Indonesia sudah mulai melirik. Seperti, Jakarta, Surabaya, hingga Sulawesi,” tutur Eri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya