SOLOPOS.COM - Kepala BRIN Kunjungi PUI Baterai Listrik UNS Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. melakukan kunjungan ke Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Teknologi Penyimpanan Energi Listrik (PUI Baterai Lithium) UNS Solo, Jumat (29/10/2021).

Dalam kunjungan tersebut Laksana bersama rombongan disambut langsung oleh Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo dan Ketua PUI Baterai Lithium UNS, Prof. Agus Purwanto.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam sambutannya, Kuncoro menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kepala BRIN dan jajarannya ke PUI Baterai Lithium UNS.

Baca Juga: Di Sela Skripsi, Mahasiswi FKIP UNS Sabet Juara II Lomba Infografis

“Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Handoko dan jajarannya. Menjadi suatu kebanggaan bagi kami karena mendapat kunjungan dari Kepala BRIN,” ujar Kuncoro.

Dalam kesempatan tersebut, Kuncoro menyampaikan bahwa UNS sudah berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) sejak 6 Oktober 2020. Selain itu, UNS juga meraih penghargaan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020/2021.

“Selain PUI Baterai Lithium, kami juga memiliki dua PUI lagi yaitu PUI Javanologi dan PUI Center for Fintech and Banking [Fintech Center],” imbuh dia.

Baca Juga: Guru Besar UNS Solo Sabet Penghargaan Berkat Baterai Litium

Dengan kehadirannya Kepala BRIN beserta rombongan ke UNS, Prof. Kuncoro berharap nanti ada arahan untuk kemajuan PUI Baterai Lithium UNS ke depannya.

Laksana seusai melakukan sarasehan dengan pihak PUI Baterai Lithium UNS dan berkeliling melihat produksi baterai lithium mengatakan bahwa proses produksi baterai lithium di UNS sudah bagus.

“Kalau menurut saya sudah bagus dan cukup maju. Meskipun tentunya masih ada peluang untuk bisa diperbaiki lagi khususnya terkait dengan pengujian baterai yang berkapasitas besar dan juga terkait dengan yang raw material dan ini akan jadi bagian dari perencanaan kami di BRIN kedepan,” ujar Dr. Handoko.

Dan usai kunjungan ini, dia mengatakan akan ada tindak lanjutnya. Dari BRIN membuka berbagai hibah baik untuk riset, Sumber Daya Manusia (SDM) riset, mobilitas riset yang memang dibuka untuk umum dan bukan untuk BRIN.

Baca Juga: UNS Guyur Bonus Melimpah untuk Mahasiswa Peraih Medali PON XX Papua

“Sehingga ini bisa dimanfaatkan untuk periset di UNS khususnya di PUI Baterai Lithium,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya