SOLOPOS.COM - Presiden ke-6 RI, SBY, saat menikmati kuliner satai gulai di Ponorogo, Senin (29/8/2022). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)

Solopos.com, PONOROGO — Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengunjungi Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Di Ponorogo, Presiden ke-6 RI itu berwisata kuliner bersama Bupati Sugiri Sancoko.

SBY sengaja berkunjung ke Ponorogo untuk bernostalgia dan menikmati kuliner khas Kota Reog. Pada Senin (29/8/2022) itu, SBY berwisata kuliner di warung satai gulai.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Saat kunjungannya itu, SBY bercerita memiliki ikatan sejarah dengan kuliner Ponorogo. Mendiang ayahnya, Raden Sukotjo, selaly menyempatkan diri mampir di Ponorogo untuk menikmati nasi pecel dan satai gulai kambing setiap kali bepergian dari Pacitan ke Madiun atau dalam perjalanan pulang ke Pacitan.

“Ayah selalu singgah di Ponorogo untuk dhahar [makan], saya dulu sering diajak,” kata SBY yang dikutip dari siaran pers Pemkab Ponorogo.

Baca Juga: Dewa 19 Gelar Konser di Madiun Oktober 2022, Ini Daftar Harga Tiketnya

Kebiasaan yang dilakukan ayahnya itu kini menurun ke SBY. Setiap pulang kampung ke Pacitan, SBY sebisa mungkin menyempatkan diri untuk mampir ke Ponorogo dan menikmati kulinernya.

Salah satu kuliner yang jadi pilihannya adalah warung satai gulai kambing di Jalan KH. Ahmad Dahlan Ponorogo. Dia pun memuji kelezatan makanan khas Ponorogo.

“Di usia yang tidak lagi muda, sebisa mungkin saya menghindari gorengan dan rutin mengkonsumsi obat untuk mencegah kolesterol,” ujarnya.

Baca Juga: Optimistis Rampung Sesuai Target, Bus Listrik Inka untuk G20 Jalani Uji Lintas

Saat mendampingi SBY, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, mengatakan siap menjamu lagi saat SBY kembali berkunjung. Menurutnya, banyak kuliner khas lain yang wajib dicicipi.

“Ponorogo gudangnya kuliner dengan gastronomi [kenikmatan makanan dan minuman] yang jos,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya