SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (kiri), saat menyerahkan bantuan berupa daging ayam dan telur ayam di tempat isolasi terpusat (Isoter) GOR Gelarsena Klaten, Sabtu (14/8/2021). Bantuan bagi warga yang menjalani isolasi di tempat isoter itu diterima secara simbolis oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyerahkan bantuan berupa daging ayam sebanyak 500 kg dan telur ayam sebanyak 500 kg di tempat Isolasi Terpusat (Isoter) GOR Gelarsena Klaten, Sabtu (14/8/2021). Bantuan tersebut untuk menyuplai makanan bagi warga yang terpapar virus corona di tempat isoter di Kabupaten Bersinar.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, bantuan daging ayam dan telur ayam yang diserahkan Airlangga Hartarto diterima secara simbolis oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani, di GOR Gelarsena Klaten. Setelah memberikan bantuan, Airlangga Hartarto mengecek warga Klaten yang menjalani isolasi di tempat Isoter di Panti Semedi Klaten.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Bantuan ini untuk warga yang menjalani isolasi di tempat isoter. Jumlahnya satu ton [500 kg daging ayam dan 500 kg telur],” kata Airlangga Hartarto, saat ditemui wartawan di GOR Gelarsena Klaten, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: Saat Jokowi/Greysia Vs Anthony/Apriyani Hibur Kontingen Indonesia di Istana Bogor

Airlangga Hartarto mengatakan pengisian tempat isoter harus terus ditingkatkan di waktu mendatang. Pemaksimalan tempat isoter dinilai dapat memutus mata rantai Covid-19. Di sisi lain, tempat isoter dapat menurunkan angka kematian karena Covid-19.

“Dengan tempat isoter seperti ini, yang sakit [terpapar Covid-19] dan yang sehat bisa dipisahkan. Sehingga, dapat menekan klaster keluarga,” katanya.

Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, mengatakan jumlah warga yang menjalani isolasi di GOR Gelarsena Klaten kali ini mencapai 24 orang. Jumlah tersebut jauh di bawah kapasitas GOR Gelarsena Klaten dengan 101 kamar.

Baca Juga: Pelajar SMAN 1 Karanganyar Bikin Gelang Laron Pantau Isoman Lewat QR Code

 

Menurun

“Jumlah warga yang menjalani isolasi di isoter GOR Gelarsena Klaten menurun. Soalnya pernah mencapai 89 orang. Kami akan evaluasi lebih lanjut apakah penyebab penurunan itu. Kami tetap akan mendorong warga yang terpapar virus corona agar menjalani isolasi di isoter terpusat, seperti di GOR Gelarsena Klaten ini.”

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bersinar masih bertambah hingga 184 orang dalam sehari, Jumat (13/8/2021). Di sisi lain, sebanyak 229 orang dinyatakan sembuh dan penambahan 33 kasus kematian karena terpapar virus corona.

“Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 32.917 kasus. Sebanyak 1.358 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 28.957 orang telah dinyatakan sembuh. Sebanyak 2.602 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya