SOLOPOS.COM - Pemimpin Redaksi Harian Umum Solopos Suwarmin (tengah) berbincang dengan Atase Deputi Pers Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat Gurdit Singh (kiri) di Griya Solopos, Kamis (20/10/2016). (Ivan Andimuhtarom/JIBI/Solopos)

Atase Deputi Pers Kedubes AS mengunjungi Griya Solopos dalam upaya mendekatkan diri dengan insan pers di daerah.

Solopos.com, SOLO — Perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Gurdit Singh, berkunjung ke Griya Solopos, Kamis (20/10/2016). Kunjungan itu sebagai bagian dari upaya mendekatkan diri dengan insan pers Indonesia di daerah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Atase Deputi Pers tersebut datang didampingi Asisten Informasi Bernadeta Firstiana K. Putri. Mereka tiba di Griya Solopos di Jl. Adi Sucipto 190 Solo sekitar pukul 11.00 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

Keduanya disambut Pemimpin Redaksi Harian Umum Solopos, Suwarmin, serta beberapa redaktur. Business Partnership General Manager Tri Wahyudi dan beberapa pegawai PT Aksara Solopos turut menyambut perwakilan Kedubes AS tersebut.

Gurdit ingin mengetahui isu-isu yang membuat masyarakat tertarik. Menurut dia, dalam beberapa kunjungan ke daerah, ia mendapati penduduk setempat lebih tertarik pada isu-isu lokal dan kurang peduli dengan isu-isu internasional.

Lelaki yang baru tinggal selama empat bulan di Indonesia itu juga menanyakan sistem kerja di Harian Umum Solopos, termasuk topik yang ditayangkan media cetak dengan media online, Solopos.com.

Pria kelahiran India tersebut mengunjungi media massa di Jakarta dan daerah-daerah lain di Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mempromosikan hubungan yang lebih erat antara AS dengan Indonesia.

“Selain program ini, ada pula program beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh studi di AS,” tuturnya dalam bahasa Inggris.

Ia menyatakan ada banyak hal yang bisa dibahas oleh dua negara tersebut. Beberapa tema seperti perubahan iklim, penanggulangan kebakaran hutan, ekonomi, pendidikan, dan sebagainya bisa mendekatkan kedua negara.

Kedubes AS juga memfasilitasi jurnalis Indonesia yang ingin membuat liputan di Amerika. Beberapa waktu lalu, sebuah media televisi nasional membuat program tentang masyarakat Islam di AS.

“Kami memiliki program untuk jurnalis selama 2-3 pekan. Kami akan memfasilitasi mereka bertemu berbagai kalangan di AS. Itu hubungan dua arah. Saat Anda ke AS, Anda akan membuka wawasan orang AS tentang Indonesia,” tutur dia.

Pemimpin Redaksi Solopos, Suwarmin, mengatakan Solopos memberikan berita sesuai dengan tema yang diminati pembaca, termasuk dalam pemberitaan kejadian internasional. Hal itu dilakukan sesuai hasil riset yang telah dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya