SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Saung Merah Putih milik Mbah Tarjo di Brebes, Rabu (2/11/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BREBES — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melakukan kunjungan ke Kabupaten Brebes, Rabu (2/11/2022). Di sela kunjungan itu, Ganjar juga berkesempatan menjumpai Sutarjo Permana, yang merupakan tokoh masyarakat setempat sekaligus anggota Barisan Ansor Serbaguna NU (Banser).

Ganjar menemui Sutarjo atau yang karib disapa Mbah Tarjo di Saung Merah Putih yang terletak di Desa Klampok, Brebes. Ia datang sekitar pukul 15.00 WIB dan disambut hangat warga sekitar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selamat datang pak Gubernur, inilah tempat kami, Saung Merah Putih. Mohon maaf karena menyambut bapak dengan apa adanya seperti ini,” kata Mbah Tarjo menyambut kedatangan Ganjar.

Ganjar dan Mbah Tarjo kemudian ngobrol dengan hangat. Kepada Ganjar, pria yang juga Komandan Provost Banser Brebes itu menceritakan kisah Saung Merah Putih yang ia dirikan. Saung itu berdiri atas perintah guru-guru Mbah Tarjo, salah satunya Habib Luthfi.

“Saung Merah Putih ini anggotanya dari berbagai daerah. Kenapa kami namakan Saung Merah Putih, karena di sini isinya mantan preman, penjudi, pemabuk dan semuanya. Kami tampung untuk belajar agama dan menjadi lebih baik. Jadi di tempat ini, mereka yang dulu hitam dan merah bisa kembali putih,” jelasnya.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad bakal Isi Ceramah di Masjid Agung Al Aqsha Klaten

Sementara itu, Ganjar mengapresiasi langkah Mbah Tarjo yang melakukan syiar agama tidak memandang siapa mereka dan dari mana asalnya. Semua diperlakukan sama dan diajak menjadi orang yang lebih baik.

“Ya bagus ini, jadi saungnya saung merah putih, Mbah Tarjo menurut saya tokoh yang sudah langka,” kata Ganjar.

Sebab lanjut dia, Mbah Tarjo menjadikan saungnya sebagai tempat berkumpul mereka dari berbagai kelompok dari seluruh lapisan masyarakat yang berbeda-beda. Termasuk mereka yang sering disebut preman.

Baca juga: Dekat dengan Ganjar, Jokowi Dukung Prabowo sebagai Capres 2024

“Tapi mereka di sini bisa berkumpul, mengaji bersama, berbuat baik membuat program-program yang baik dan insyaallah ini akan menjadikan manfaat,” imbuhnya.

Tentu lanjut Ganjar, apa yang dilakukan Mbah Tarjo bukan perkara mudah. Menjadikan orang yang pernah terjebak di dunia hitam kembali ke jalan yang baik.

“Saya mengapresiasi perjuangan beliau, dan daya juangnya sangat luar biasa dengan seluruh kesederhanaanya. Tapi tersorot dari matanya, beliau itu ikhlas dan sungguh-sungguh. Dan itulah yang membuat orang mau datang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya