SOLOPOS.COM - Siswa SMAN 1 Sragen, Yulita Mardi Pratiwi (kanan) dan pembimbing KIR SMAN 1 Sragen, Erma Irawati (kiri) berfoto bersama di lobi sekolah setempat, Senin (3/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

Siswa SMAN 1 Sragen, Yulita Mardi Pratiwi (kanan) dan pembimbing KIR SMAN 1 Sragen, Erma Irawati (kiri) berfoto bersama di lobi sekolah setempat, Senin (3/9/2012). (JIBI/SOLOPOS/Eni Widiastuti)

SRAGEN – Biasanya orang lebih suka mengupas apel untuk dibuang kulitnya. Padahal kulit buah apel mengandung sejumlah zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Dua siswa SMAN 1 Sragen, Yulita Mardi Pratiwi, 17, dan Rizki Puspa Dewi, melihat hal ini sebagai peluang berinovasi, dan memanfaatkan kulit buah apel untuk dibuat permen jelly.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Yulita mengungkapkan pembuatan permen jelly dari bahan kulit apel tidak sulit. Setelah mengumpulkan kulit apel yang sejenis, lalu kulit itu diblender hingga halus. Selanjutnya, kulit apel yang diblender dicampur dengan agar-agar jelly dan gula pasir, lalu dimasak sampai matang. Setelah itu, adonan dimasukkan ke loyang. Jika sudah dingin, adonan itu dipotong kecil-kecil, lalu potongan itu digulingkan ke gula pasir. Selanjutnya dijemur sampai kering, lalu dikemas. “Cara membuatnya mudah. Jadi bisa dipraktikkan di rumah masing-masing,” terang siswa yang aktif dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Sragen itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Pembimbing KIR SMAN 1 Sragen, Erma Irawati, mengatakan kulit apel banyak mengandung serat kasar yang bisa melancarkan proses pencernaan. Di dalamnya juga terkandung zat tertentu yang bisa mencegah terjangkitnya penyakit kanker dan bagi orang yang sudah tua, bisa mengencangkan otot agar tidak kendur. Permen jelly dari kulit apel itu, kata Erma, pernah diikutkan pada pameran Gelar Inovasi Prestasi Siswa yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provisi Jawa Tengah, sekitar Mei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya