SOLOPOS.COM - Soto daging khas Warung Sokaraja Seger Marem. (Dok/JIBI/Solopos)

Kuliner Solo kali ini mengekspos satu warung soto di Solo yang menawarkan menu soto khas Sokaraja.

Solopos.com, SOLO — Soto adalah makanan yang jamak di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki menu soto dengan ciri khas. Rasanya berbeda-beda, demikian juga isi atau bahkan bumbunya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Soto khas Sokaraja misalnya, dijual di sebuah warung di Jl. Veteran No. 284, Tipes, Solo. Nama warung ini Warung Soto Sokaraja-Mendoan Seger Marem.

Sokaraja adalah sebuah wilayah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Gambar wayang Semar terpasang di bagian depan warung ini sebagai ikon warung yang merupakan kependekan dari “seger marem”.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Pemilik warung tersebut, Ammiriel Kusumo Ayu, mengungkapkan wayang Semar dipasang di depan warung karena bisa mewakili kata ”seger” dan “marem”.

“Agar mudah diingat orang,” ujar dia saat ditemui Espos di warungnya, Sabtu (12/9/2015).

Aroma satu porsi soto ayam dan satu porsi soto daging sapi membangkitkan selera. Bersamaan dengan penyajian soto, disajikan pula semangkuk kecil sambal kacang dan semangkuk kecil sambal kecap.

Satu porsi soto ayam khas Sokaraja berisi irisan ketupat, tauge kedelai hijau, irisan daun bawang, dan daging ayam yang disuwir-suwir lalu disiram dengan kuah soto.

Perbedaan soto daging ayam dan soto daging sapi pada jenis daging yang digunakan dan tentu saja kuahnya. Bagian atas soto diberi kerupuk warna merah, putih, kuning. Kerupuk itu juga kerupuk khas daerah Banyumas.

“Saya mencari kerupuk itu di sini [Solo] tidak ada. Saya harus mendatangkan langsung dari Banyumas dalam keadaan mentah, lalu saya goreng,” ujar Ayu.

Dibandingkan soto yang pada umumnya ada di Solo, kuah soto ala Sokaraja lebih keruh, namun juga tak sekental soto daerah lain yang menggunakan kuah dari santan kelapa, misalnya soto ala Lamongan.

Menurut Ayu, kuah soto tak sebening kuah soto ala Solo karena salah satu komponen bumbu yang ia gunakan adalah kemiri. Bumbu kemiri itu pula yang membuat rasa soto ala Sokaraja ini jadi lebih gurih. Satu porsi soto ala Sokaraja ini seharga Rp14.000.

Makan soto tentu lebih nikmat ditemani kerupuk. Warung soto ini menyediakan kerupuk khas Palembang, yaitu kerupuk bulat warna putih, dan kerupuk mi goreng (mireng) berwarna kuning.

Kerupuk mireng merupakan kerupuk khas daerah Banyumas. Kerupuk itu juga diberi nama ”mireng” karena bentuknya seperti mi kuning yang digoreng. Ayu mendatangkan kerupuk itu langsung dari Banyumas dalam keadaan mentah.

Pelanggan
Ayu menceritakan warung makan miliknya sering dikunjungi orang-orang asli daerah Jawa Tengah bagian barat seperti dari Banyumas, Purwokerto, dan Kebumen. Mereka rata-rata mendatangi warung milik Ayu karena kangen dengan masakan daerah asal mereka.

“Para pejabat yang berasal dari Banyumas sering ke sini, makan soto sekaligus bernostalgia dengan makanan di rumah asal,” kata dia.

Salah seorang tokoh nasional yang menjadi pelanggan Soto Sokaraja Seger Marem adalah Guruh Soekarno Putra. Di warung itu, terdapat dua foto Guruh Soekarno Putra bersama Ayu. Guruh meninggalkan jejak di warung itu berupa kalimat ”Soto Sokaraja dan mendoannya lezat sekali.”

“Setiap kali ke Solo, Pak Guruh selalu mampir ke sini, makan soto dan tempe mendoan. Beliau menegur saya karena warung pindah alamat dari Solo Baru ke Tipes dan saya tidak memberi tahu beliau. Kata beliau, ‘Saya muter-muter mencari Soto Sokaraja di Solo Baru tidak ketemu. Ternyata pindah ke sini’,”  kata Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya