Kuliner Solo: Kari Khas Little India yang Dibikin Pas Buat Lidah Indonesia

Little India adalah resto yang menyajikan kuliner khas India seperti kari hingga nasi Briyani. Resto ini mengusung konsep open kitchen supaya pelanggannya tahu makanan diolah secara higienis, tak seperti kesan yang terbangun soal kuliner India belakangan ini.
SHARE

Solopos.com, SOLO – Kuliner jalanan India sedang ramai muncul di lini masa jejaring sosial Tanah Air. Sayangnya imaji yang terbangun justru negatif; seperti olahan yang tak higienis hingga penyajian yang seenaknya sendiri. Namun, bayangan semacam ini sepertinya tak nampak di resto bernuansa India yang ada di Solo ini.

Little India, resto yang baru saja rebranding dari Nasgor Rempah Mbah Soleh ini terang-terangan menyajkan makanan bernuansa Hindustan. Resto ini mengusung konsep open kitchen supaya pelanggannya tahu makanan diolah secara higienis, tak seperti kesan yang terbangun soal kuliner India belakangan ini.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Salah satu sajian andalan diresto ini adalah olahan curry atau kari. Kata sang pemilik, Muhammad Rodhi, kari olahannya adalah khas India yang disesuaikan dengan lidah jawa.

Kuah kari di sini tampak kental dengan rasa rempah yang tak begitu tajam. Kuah kari ini nyaman di lidah dan gurihnya terasa pas saat bertemu dengan olahan tortila seperti Poratta dan Tandoori. Dua nama terakhir adalah menu khas India.

Tandoori di resto ini adalah roti mentega yang disajikan dengan bentuk bulat namun pipih. Roti ini sedikit tebal sehingga bisa dibelah dua dan diisi kuah kari. Di negara asalnya, roti ini mirip dengan roti Naan.

Roti Tandoori dengan kari ayam di resto Little India.(Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf).
Roti Tandoori dengan kari ayam di resto Little India. (Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf).

Baca Juga: Bakso Tengkleng Mas Bambang Klaten, Rasanya Enak dan Dagingnya Lembut

Sedangkan Poratta dikenal pula dengan Pratta. Poratta adalah roti pipih yang merupakan adonan tepuh lebih tipis dari Tandoori. Poratta di berbagai negara juga disebut roti Canai atau Cane.

Bicara soal kari, Rodhi menyebut sengaja memakai istilah curry untuk membedakan dengan kari (kare) yang biasa dikenal di Indonesia. “Supaya orang penasaran juga, ini curry makananan apa ya?” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (16/11/2022).

Kari di Little India ini juga terasa nikmat saat dipasangkan dengan pasta atau mi. Resto ini punya menu Pasta Penne Curry yang merupakan pasta berbentuk tabung yang terasa nikmat dengan baluran kuah kental kari khas India.

Sedangkan untuk mi, resto ini punya Mi Penang. Ini adalah mi khas Malaysia yang lagi-lagi disajikan dengan kuah kari.

Selain olahan menu kari, resto ini juga menyajikan nasi goreng istimewa dengan berbagai macam selera seperti nasi goreng kambing atau ayam.

Atau ada pula Briyani dengan nasi khas India, nasi Basmati. Nasi basmati ini berasa dari beras yang lebih besar dan panjan dari nasi-nasi di Indonesia.

Baca Juga: Angkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Nasi Basmati biasanya tak lebih manis dari nasi di Indonesia dengan kadar air yang lebih rendah. Nasi ini tidak menggumpal dan lebih nikmat diolah dengan rempah yang cukup banyak.

Nasi Briyani dengan Basmati. (Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf).
Nasi Briyani dengan Basmati. (Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf).

Semua olahan khas dari Little India ini bisa dinikmati dengan harga yang relatif terjangkau. Seperti Poratta Curry dibanderol dengan harga Rp15.000 atau Tandoori dengan harga Rp16.000.

Sedangkan Briyani di Little India bisa dinikmati dengan harga Rp25.000. Nasi Briyani ini menjadi yang paling mahal di Little India lantaran harg makanan di resto ini berkisar Rp15.000 – Rp25.000-an.

Sedangkan aneka minuman dihargai paling murah Rp2.000 hingga yang termahal adalah Bandrek Susu seharga Rp10.000.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner dengan Rating Tinggi di Sekitar Pasar Legi Solo

Resto dengan harga sangat bersahabat ini bisa dikunjungi di Jl. Dr. Wahidin No.7, Bumi, Laweyan, Solo atau tak jauh dari Tugu Lilin dekat SMK Murnidan SD Ta’Mirul. Little India buka dari jam 16.00 – 22.00 WIB.




Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode