SOLOPOS.COM - Salah satu penjual serabi khas Solo di Wonosari (JIBI/Harian Jogja/Yodie Hardiyan)

Salah satu penjual serabi khas Solo di Wonosari (JIBI/Harian Jogja/Yodie Hardiyan)

Serabi banyak dikenal masyarakat sebagai makanan yang cukup enak dan biasanya berasa manis. Tak heran serabi pun banyak diburu warga sebagai salah satu menu buka puasa. Salah satu yang kerap dicari warga adalah serabi khas Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu penjual serabi Solo di Wonosari adalah Tri Rahayu, 36. Warga Dusun Jeruksari, Desa Wonosari itu mengatakan tidak sedikit warga yang membeli serabi Solo sebagai makanan berbuka puasa.

“Tidak hanya orang Wonosari, tapi dari luar juga ada yang beli untuk makanan oleh-oleh,” kata Tri kepada Harian Jogja, belum lama ini.

Serabi ini berasa manis dengan tekstur empuk serta berbau harum. Tri mengaku berjualan serabi sejak dua bulan belakangan di seberang Pasar Argosari, Wonosari.

Serabi merek “Cokro” yang dijual Tri itu merupakan cabang dari usaha serupa di Pasar Besole, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari.

Tri mengatakan komposisi serabi Solo adalah tepung beras, garam, gula, air santan serta pandan. Harga yang dipatok per gulung adalah Rp1.400 (serabi putih) serta Rp1.600 (serabi cokelat).

“Serabi ini tidak pakai bahan pengawet,” kata Tri.

Dia mengatakan serabi ini hanya tahan 24 jam karena tidak menggunakan bahan pengawet. Tri menyarankan serabi ini disimpan di kulkas apabila hendak dimakan saat sahur.

Serabi ini dibungkus menggunakan dua lembar daun pisang. Dalam sehari Tri mengaku dapat menjual sekitar 30 gulung serabi. Namun, penjualan dapat meningkat apabila ada pemesanan khusus.

Salah satu penikmat Serabi Solo, Yanto, 25, mengatakan rasa makanan yang dijual Tri itu sangat khas dan berbeda dari serabi dari Ambarawa, Jawa Tengah.

“Karena serabi Ambarawa memakai kuah, sedangkan ini tidak. Cukup wangi baunya,” kata Yanto. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya