SOLOPOS.COM - Ilustrasi brambang asem. (Pariwisatasolo.go.id)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo, Jawa Tengah, memiliki sejumlah kuliner khas yang lezat dan legendaris, seperti lenjongan dan brambang asem. Apakah Anda pernah mencoba kedua makanan ini?

Lenjongan dipakai untuk merujuk pada beberapa jajanan pasar yang  terbuat dari singkong. Seporsi lenjongan terdiri dari gendar, klepon, sawut, jongkong, gatot, getuk, tiwul, cenik, ketan hitam, ketan putih, grontol (jagung). Semua makanan itu kemudian ditaburi parutan kelapa dan gula halus, atau diberi sirup gula merah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Kuliner Legend Soto Girin Sragen: Eksis Sejak 1953, Pantang Dilewatkan!

Ekspedisi Mudik 2024

Makanan ini biasanya tidak memakai pengawet maupun pewarna buatan. Rasa semua makanan ini hampir mirip, yakni dengan tekstur kenyal dan rasacenderung manis. Penjual lenjongan ini mudah dijumpai di pasar tradisional.

Sementara brambang asem adalah makanan yang terbuat dari daun ketela rambat atau biasa disebut jlegor. Makanan ini biasanya disantap dengan sambal yang terbuat dari bawang merah (brambang) bakar, cabai, asam jawa, dan gula jawa.

Baca juga: Wisata Kuliner, Cara Ampuh dan Mudah untuk Obati Rasa Kangen Liburan

Makanan ini biasanya disantap dengan tempe gembus bacem sebagai pelengkap. Rasa pedas, manis, dan gurih berpadu sempurna yang membuat makanan ini digemari banyak orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya