SOLOPOS.COM - Apam, salah satu kuliner khas Pura Mangkunegaran Solo, siap menyambut pengunjung saat libur Lebaran. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pura Mangkunegaran Solo menyiapkan sejumlah kegiatan bertema kebudayaan dan penyajian kuliner khas yang dapat dimanfaatkan para wisatawan untuk mengisi waktu pada momen libur Lebaran 2022.

Kegiatan tersebut seperti kelas tari di Kemantren Langenpraja, berfoto dengan busana adat, serta penyajian apam khas Mangkunegaran. Informasi tersebut terungkap dalam siaran pers Pura Mangkunegaran kepada awak media, Kamis (28/4/2022) sore.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di siaran pers itu dijelaskan Kemantren Langenpraja adalah lembaga kesenian Pura Mangkunegaran yang dibina GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo, kakak dari KGPAA Mangkunagoro X. Lembaga itu membuka kelas tari gaya Mangkunegaran untuk putri (Gambyong Retno Kusumo) dan putra (Bondoboyo).

Tujuannya untuk mengenalkan tarian gaya Mangkunegaran Solo kepada para wisatawan saat momentum libur Lebaran. Mereka yang berminat untuk mengikuti kelas tari tersebut dapat mendaftar secara online maupun datang langsung di Kantor Dinas Pariwisata Pura.

Kemantren Langenpraja juga menyediakan busana adat dan busana tari gaya Mangkunegaran yang dapat dikenakan para wisatawan. Hal itu sebagai wujud memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Mangkunegaran.

Baca Juga: Ini Makanan Khas Mangkunegaran Solo, Pernah Mencicipi?

Tapi tak sembarangan orang bisa memakai busana adat itu. Mereka harus mendaftar terlebih dulu di Kantor Dinas Pariwisata Pura Mangkunegaran.

Kegiatan lainnnya menyambut libur Lebaran adalah penyajian apam khas Mangkunegaran Solo dan aneka kuliner lain, seperti kolak dan ketan. Kegiatan tersebut merupakan tradisi khas Ruwahan di kadipaten tersebut.

Tiga menu tersebut disajikan bersamaan yang memiliki makna setiap manusia pasti melakukan kesalahan, sehingga perlu untuk meminta pengampunan dan bertaubat. Dengan begitu kehidupan di tengah masyarakat bisa semakin harmonis dan lebih baik lagi.

Baca Juga: Abdi Dalem Mangkunegaran Solo Juga Dapat Paringan Lebaran dari MN X

Wisatawan yang ingin mencicipi kuliner tersebut harus mengikuti tur museum pariwisata Pura Mangkunegaran terlebih dulu. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan tradisi Pura.

Berbagai kegiatan tersebut dibuka bagi para wisatawan atau masyarakat mulai Sabtu (30/4/2022) hingga Jumat (8/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya