Beda dengan Solo, Gurihnya Serabi Khas Blora Kaya Rasa Kelapa

Kuliner Serabi khas Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini memiliki rasa yang berbeda dengan kota-kota lain, Jajanan ini memiliki rasa yang gurih dan harganya yang terjangkau.
Beda dengan Solo, Gurihnya Serabi Khas Blora Kaya Rasa Kelapa
SOLOPOS.COM - Kuliner Blora Serabi (Instagram/@makandiblora)

Solopos.com, Blora — Kuliner Kabupaten Blora, Jawa Tengah memang tidak bisa dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke Kota Jati ini seperti jajanan serabi atau surabi yang khas nan lezat.

Bahkan Bupati Blora, Arief Rohman menjajal kuliner berbahan tepung beras ini pagi hari tadi, Selasa (22/6/2021) seperti unggahan di akun Instagramnya, @ariefrohman838.  Dalam unggahannya, dia terlihat menunggu serabi yang baru dimasak pedagang di pinggir jalan.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh H. Arief Rohman, S.IP., M.Si (@ariefrohman838)

Arief memang rajin mempromosikan kuliner khas Blora lewat akun Instagram, salah satunya serabi. Hal itu terlihat dari beberapa unggahan berisi kuliner dan sorotan Instagramnya yang dinamai kuliner blora.

Baca Juga: Lezatnya Bakmi Toprak Plus Bakso di Gang Belakang Pasar Mebel Solo

Serabi khas blora ini memiliki rasa yang gurih, berbeda dengan serabi kota lain yang manis. Seperti informasi dari tayangan video di akun Youtube Dian Rosianti berjudul Srabi (Serabi) Khas Blora,  Senin (4/1/2021). Harga jajanan ini cukup terjangkau yakni Rp1.500 per biji.

Di Jual Sejak Dini Hari

Jajanan serabi ini bisa ditemukan di pinggir jalan raya atau pasar tradisional Kabupaten Blora. Pedagang serab biasanya menjajakan makanan sejak dini hari. Mereka juga tidak menggunakan lampu dan hanya mengandalkan bara api untuk penerangan dan penghangat di pagi hari.

Baca Juga: Viral Bikin Syok! Harga Nasi Ayam Goreng di Resto Tawangmangu Rp36 Juta

Pengunjung yang ingin mencoba bisa datang lebih pagi atau bahkan setelah waktu Subuh agar tidak kehabisan jajanan gurih yang satu ini. Cara memasaknya masih tradisional yakni menggunakan tungku dengan kayu bakar. Cara tersebut ternyata membuat aroma serabi harum, apalagi ditambah taburan parutan kelapa membuat ingin cepat-cepat menyantap.

Serabi sangat nikmat saat masih dalam keadaan hangat. Makanan khas Blora ini biasanya dipincuk menggunakan daun pisang. Cara menghidangkan serabi ini memiliki  dua cara yakni serabi diberi parutan kelapa dan serabi dengan kuah santan segar. Keduanya memiliki rasa yang sama enakya.

Baca Juga: Karak Bratan Solo, Ragam Kuliner Lebih Mahal Namun Lebih Eksis

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago