SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Pendidikan berkualitas dari sejumlah universitas terkemuka di dunia kini dapat diakses gratis melalui internet. Salah satu website yang menyediakan materi perkuliahan gratis adalah Coursera.org yang didirikan awal tahun ini oleh dua profesor Stanford University, Koller dan Ng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sejumlah universitas seperti Duke University, Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) di Swss dan the University of Edinburgh di Skotlandia akan menyediakan versi online setiap kelas mereka melalui website tersebut.

“Kami memiliki visi di mana siswa dari seluruh dunia, latar belakang budaya dan ekonomi dapat mengakses pendidikan terbaik untuk menambah pengetahuan mereka. Pendidikan adalah hak,” ujar Koller seperti dilansir AFP dan dikutip Phys.org, Senin (23/7).

Dewasa ini sejumlah universitas terkemuka di dunia mulai fokus menyajikan materi perkualiaan melalui internet yang dapat diakses gratis. Khan Academy yang beralamat di Khanacademy.org misalnya, menyediakan ratusan video perkuliahan dari berbagai subjek yang dapat dilihat gratis. Website tersebut didirikan seorang lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Salman Khan.

Website lain yang menyajikan diskusi keilmuan adalah TED yang beralamat di Ted.com, yang kini telah memiliki saluran TED-Ed di YouTube. Website tersebut menyediakan semacam kuliah umum dari para praktisi dan pakar di bidangnya masing-masing. Ilmuwan sekelas Stephen Hawking tercatat pernah memberikan ceramah di saluran TED yang rekaman videonya dapat diunduh gratis itu. Sejumlah relawan bahkan telah menerjemahkan beberapa ceramah ke dalam Bahasa Indonesia.

Pada Mei lalu, Harvard University dan MIT juga mengumumkan akan memperkuat lini pendidikan online. Mereka bekerja sama membentuk program edX untuk mengembangkan platform pendidikan online lengkap dan terintegrasi. Selain video dan interaksi langsung, mereka juga akan menyediakan laboratorium online. Anggaran pengembangan program ini mencapai US$60 juta.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya