SOLOPOS.COM - Peserta Madiun Cycling Carnival (Mancal) berada di garis start untuk mulai bersepeda berkeliling di Kota Madiun, Minggu (30/1/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur semakin mengukuhkan diri sebagai Kota Ramah Sepeda.

Salah satu buktinya penyelenggaraan festival sepeda hias lewat Madiun Cycling Carnival (Mancal), Minggu (30/1/2022). Kegiatan tersebut diselenggarakan forum BUMN/BUMD Kota Madiun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ratusan peserta dari puluhan tim mengikuti Mancal. Masing-masing tim menghias sepeda dengan beragam kreasi. Seperti, tim dari Telkom Indonesia menghias sepeda dengan logo perusahaan. Begitu juga tim lain.

Baca Juga : Asyik! Kota Madiun Punya Objek Wisata 5 Ikon Negara di Dunia

Dengan mengambil tema perayaan Imlek, seluruh peserta juga mengenakan kostum atau menghias sepeda dengan pernak-pernik khas Imlek.

Rombongan peserta festival mulai berangkat dari depan Balai Kota Madiun atau Jl. Pahlawan. Kemudian, berkeliling ke Jl. Cokroaminoto, Jl. H. A. Salim, Jl. Panglima Sudirman, Jl. Dr. Soetomo, Jl. Kompol Sunaryo, dan finish di PT Inka.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan Pemerintak Kota (Pemkot) memiliki rute bersepeda mulai dari 10 kilometer, 15 kilometer, dan 20 kilometer. Program ini mendapat apresiasi masyarakat.

Baca Juga : Pemkot Madiun Gelontorkan Rp4,7 Miliar untuk Lapak UMKM, Banyak Banget?

“Kami mendapat predikat Kota Ramah Sepeda. Kami sejajar dengan DKI Jakarta dan Bogor. Untuk itu, terima kasih kepada forum BUMN yang telah ikut meramaikan dengan event-event seperti ini,” jelas dia.

Maidi berencana menggelar event serupa, seperti Lawu Challenge yang akan digelar rutin setiap tahun. Kegiatan itu bakal dilaksanakan bersamaan dengan agenda peringatan 17 Agustus atau Hari Jadi Kota Madiun.

“Tentunya kegiatan ini bisa dilaksanakan setelah Covid-19 mereda,” ujar Maidi.

Baca Juga : Porang Ternyata Bisa Diolah Menjadi Bakso, Begini Caranya

Peserta festival dinilai dari beberapa kriteria, yaitu keunikan, estetika, kreativitas, kesesuaian dengan tema, kekompakan, dan kedisiplinan. PT KAI Daop VII Madiun meraih juara pertama dalam festival ini. Tim tersebut menghias sepeda dengan pernak-pernik khas Imlek dan mengenakan pakaian khas etnis Tionghoa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya