SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tertawa terpingkal-pingkal melihat Jokowi dan bocah SD belajar ngapak. (Istimewa/Twitter)

Trending sosmed kali ini tentang hal unik yang terjadi saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kabupaten Cilacap.

Solopos.com, CILACAP – Peristiwa unik terjadi di sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Cilacap. Kunjungan dalam rangka membagikan Kartu Indonesia Sehat serta sosialisasi Program Keluarga harapan dan Program Pemberian Makanan Tambahan itu diwarnai dengan  Jokowi yang belajar bahasa Jawa logat ngapak dari anak SD.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti kunjungan lainnya, Jokowi gemar membagikan sepeda ke anak-anak atau warga yang hadir. Hal tersebut juga terjadi saat Jokowi berkunjung ke Kabupaten Cilacap. Dalam video yang viral di media sosial, Jokowi mewawancarai bocah SD bernama Razasfara Haidar Ramadhan. Saat ditanyai tentang nama panggilannya, Raza menjawab dengan logat ngapak, hal ini membuat Jokowi tertarik untuk diajari berbicara dengan bahasa Jawa berlogat ngapak.

Ekspedisi Mudik 2024

“Panggilannya Raza atau Raja,” tanya Jokowi

Pada bae,” jawab si bocah yang diikuti riuh tawa penonton. Mendengar jawaban itu Jokowi juga tak bisa menahan gelak tawa, beliau kemudian bertanya apa arti dari “pada bae” yang kemudian dijawab Raza dengan frasa “sama saja”.

Jokowi juga sempat menanyakan kabar dengan bahasa Jawa logat ngapak, “Kepriwe kabare?” tanya Jokowi. Bocah tersebut menjawab “baik” sekali lagi menggunakan bahasa dan logat ngapak. Minta diajari bahasa Jawa logat ngapak, Jokowi bertanya bahasa jawanya “saya lapar”, Raza kemudian menjawab “Nyong kencot”. Sempat tidak menangkap bahasanya, akhirnya paham jawaban Raza.

“Bener Bu? Nyong kencot?” tanya Jokowi ke ibu-ibu penonton.

Dalam foto yang beredar di media sosial, sesi belajar bahasa Jawa ngapak yang dilakukan Jokowi bersama Raza membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tertawa terpingkal-pingkal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya