SOLOPOS.COM - Suasana menjelang prosesi tradisi Tabuh Beduk Blandrangan di Menara Kudus, Sabtu (2/4/2022). (jatengprov.go.id)

Solopos.com, KUDUS — Selain dikenal sebagai pusat berkembangnya agama Islam di Pulau Jawa, Kudus juga dikenal sebagai kabupaten terkaya di Provinsi Jawa Tengah. Penilaian ini berdasarkan dari jumlah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

PDRB merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kondisi ekonomi dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga yang berlaku atau  atas dasar harga konstan. Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui video berjudul Inilah 10 Daerah Terkaya di Provinsi Jawa Tengah yang ada di kanal Youtube Mahasiswa Geografi, Senin (18/4/2022), Kabupaten Kudus memiliki PDRB per Kapita sebesar Rp123.866.000. Jumlah PDRB ini adalah yang tertinggi dari seluruh daerah di Jawa Tengah.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Seperti diketahui, Kudus yang memiliki jumlah penduduk sekitar 881.128 jiwa dan kepadatan 1,997.34 jiwa/km2 merupakan sentra produksi rokok kretek yang sudah melegenda sejak zaman kolonial Belanda. Bahkan, Kabupaten Kudus adalah rumah bagi sejumlah konglomerat besar di Indonesia, salah satunya Nitisemito yang merupakan Raja Kretek kudus dari tahun 1918 hingga 1934.

Baca juga: Asale Rujak Teplak Khas Kota Tegal Terkenal ke Luar Negeri

Ekspedisi Mudik 2024

Djarum

Selain itu, Kudus merupakan rumah produksi rokok PT Djarum yang sangat besar. Perusahaan ini adalah milik dua bersaudara terkaya di Indonesia, Budi Hartono dan Michael Hartono.

Berdasarkan data Forbes’ Real-Time Billionaires 2021, Hartono bersaudara memiliki total kekayaan mencapai Rp610,62 triliun. Mereka pun bertengger di posisi puncak daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes Indonesia’s 50 Richest.

Djarum, perusahaan rokok yang dimulai oleh ayah mereka, Oei Wie Gwan, menjadi penyumbang terbesar harta kekayaan mereka. Selain Djarum, mayoritas harta kekayaan Hartono bersaudara didapat dari investasi di BCA.

Baca juga: Unik! Ponpes di Kudus Ini Gelar Tarawih Jam 9 Malam

Pusat Peradaban Islam 

Kabupaten Kudus yang terkaya di Jawa Tengah ini juga dikenal sebagai kota santri dan juga pusat peradaban Islam di tanah Jawa.  Kudus memiliki peninggalan bernilai sejarah tinggi, seperti Masjid Menara Kudus yang di dalamnya terdapat batu dari Yerusalem. Masjid tersebut dibangun oleh Sunan Kudus dan diberi nama Masjid Al-Aqsa seperti yang ada di Yerusalem, Ibu Kota Negara Israel.

Makam Sunan Kudus juga berada di Masjid Menara tersebut dan biasanya banyak ritual yang dilakukan sebagai upaya mendoakan sang Walisongo yang telah mengembangkan agama Islam di kota kretek tersebut.

Karena banyaknya peninggalan tersebut, banyak peziarah Muslim dari berbagai daerah yang berdatangan ke Kudus untuk mengunjungi Makam Sunan Kudus, melihat langsung Masjid Menara Al-Aqsa Kudus dan juga mempelajari perkembangan Agama Islam di awal mula masuk ke tanah Jawa.

Baca juga: Wisata Prabalintang Tegal, Tempat Bintang Jatuh?

Dari faktor-faktor tersebut, tidak heran jika Kudus mendapatkan predikat sebagai kabupaten terkaya di Jawa Tengah dengan mendasar pada PDRB per Kapita. Faktor-faktor dari industri rokok kretek dan juga wisaa religi secara otomatis meningkatkan nilai PDRB yang ada di Kabupaten Kudus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya