SOLOPOS.COM - Kudus Festival untuk memamerkan budaya dan kuliner khas Kota Kretek. (Istimewa)

Solopos.com, KUDUS – Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) bakal menghelat acara Kudus Festival. Even tersebut direncanakan berlangsung pada 21 dan 22 Mei 2022 mendatang di Museum Satria Mandala Jakarta.

Belasan seni kebudayaan dan kuliner dari Kabupaten Kudus pun akan ditampilkan pada acara tahunan tersebut. Harapannya, kebudayaan dan kuliner Kota Kretek itu semakin naik pamornya.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Tak hanya itu, Ketua Panitia Acara Kudus Festival Himawan Noor Tauriq memastikan akan memboyong puluhan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) asli Kudus ke festival tersebut.

Tujuannya memperkenalkan produk-produk kreatif itu ke pangsa pasar yang lebih besar, yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

“Dua tahun kami tidak menggelar acara tahunan ini karena pandemi melanda Indonesia, namun selama itu kami menyadari satu hal. Banyak UMKM di Kudus tumbuh dan mekar dengan menawan. Kami ingin menunjukkan kualitas mereka,” kata Himawan.

Baca Juga: FKMK Gelar Kudus Festival di Jakarta, Belasan Makanan Khas Diboyong

Dia menyebut, sudah waktunya produk-produk UMKM Kudus berbicara lebih di pangsa pasar nasional. FKMK, ingin membantu hal itu terwujud karena yakin banyak sekali produk buatan Kota Kretek yang berkualitas tinggi, sehingga layak ada di pasar nasional.

“Karena inilah kami buat festival ini. Kami ingin masyarakat luas tahu bahwa Kudus punya segudang potensi, orang-orangnya juga sangat ulet dan kreatif dengan menciptakan banyak sekali produk unggulan,” ujarnya.

FKMK berharap bisa mengangkatkan penjualan para pelaku UMKM di Kudus setelah acara yang berlangsung 21 hingga 22 Mei 2022 mendatang. “Semoga apa yang menjadi tujuan bersama yakni mengangkat UMKM Kudus ke pasar yang lebih luas lagi bisa terwujud setelah acara ini berlangsung,” ujarnya.

Baca Juga: Sukun Salurkan Bantuan 25 Ton Beras ke Warga Kabupaten Semarang

Kudus Festival sendiri akan dimeriahkan dengan aneka kesenian seperti tari kretek, tari batik, seni barongan, ketoprak hingga wayang klithik khas Wonosoco Undaan Kudus pun akan show di sana dan memanjakan para penikmat budaya.

Kesan nostalgia pun juga dijamin akan tercipta untuk melepas rindu para perantauan yang kangen budaya Kudus itu.

Untuk lebih menghidupkan suasana, kuliner khas Kota Kretek juga akan diboyong langsung dari Kudus dan dihadirkan di festival yang dihelat selama dua hari tersebut.

Adapun makanan-makanan itu di antaranya, sang primadona lentog dan soto kudus, sate kerbau, sego tahu, opor gosong, sego jangkrik, dan makanan yang sedang naik daun yakni getuk nyimut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya