SOLOPOS.COM - Pekerja memotong rumput lapangan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya, Jatim, Selasa (15/3/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Solopos.com, SURABAYA—Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dipercantik menjelang ajang kualifikasi Piala Asia U-20 atau AFC U20 Asian Cup 2023 di Surabaya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan telah mendapatkan surat resmi dari FIFA dan PSSI terkait penunjukan Stadion GBT sebagai tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

“Sudah ada surat resmi dari FIFA dan PSSI, GBT dipakai pertandingan Piala Asia pada 14 September 2022,” kata Eri di Surabaya, Jumat (26/8/2022), seperti dilansir dari Antaranews.

Baca Juga: BRI Berikan Apresiasi kepada Timnas U-16, Segini Nilainya

Diketahui pertandingan Piala Asia U-20 2023 ini akan digelar pada 14-18 September 2022 untuk Grup F yang diisi oleh Timnas Indonesia U-20, Hong Kong, Vietnam dan Timor Leste.

Wali Kota Eri menjelaskan beberapa persiapan yang telah diterapkan di GBT mulai dari akses jalan, tempat peliputan wartawan, tribune penonton dan sebagainya. Eri menyebutkan standar persiapan yang digunakan disesuaikan dengan prosedur pertandingan Piala Dunia.

“Pastinya persiapan untuk Piala Asia nanti syarat-syarat yang ada di Piala Dunia kami terapkan semua. Setelah Piala Asia selesai, Stadion GBT sudah berkapasitas dan standarnya internasional,” kata Eri.

Baca Juga: Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Bakal Tandang ke Thailand atau Vietnam

Eri menambahkan ketika Stadion GBT digunakan untuk pertandingan berskala internasional, semakin menjadi kebanggaan Arek-arek Suroboyo. Bukan hanya itu, lanjut dia, pastinya juga akan dijadikan penyemangat bagi para pemain Persebaya sehingga bisa meraih juara di Liga 1.

“Jelang pertandingan AFC, insya Allah jalan menuju ke GBT tidak hanya ada satu titik. Akan tetapi juga kami buatkan titik lainnya agar lebih mudah aksesnya,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan untuk menyambut Piala Asia U-20 2023 mendatang, pihaknya telah menyiapkan tempat pertandingan, lapangan untuk latihan, perawatan gedung stadion, pemeliharaan rumput, tribune penonton dan lain sebagainya.

Baca Juga: Zanadin “Ucil” Gabung Timnas Indonesia, Coach Rasiman Siapkan Formula Khusus

“Sarana dan prasarana sudah kita sesuaikan dengan ketentuan AFC ya. Ada beberapa item yang menjadi kelengkapan untuk AFC juga sudah kami sediakan,” kata Wiwiek.

Dia menyebutkan, perawatan gedung Stadion GBT juga telah dilakukan. Bukan hanya gedung Stadion GBT, dia memastikan stadion yang dipakai untuk tempat latihan juga telah disiapkan secara optimal dalam menyambut pertandingan sepak bola bergengsi se-Asia ini.

“Pertandingannya di Stadion GBT, sedangkan untuk latihannya kami sediakan di Stadion Gelora 10 November dan Stadion Gelora Pancasila. Kami harapkan pada pelaksanaan Piala Asia U-20 2023 mendatang sudah siap dan maksimal,” kata Wiwiek.

Baca Juga: Dua Pemainnya Dipanggil Timnas Indonesia, Ini Tanggapan Manajemen Persis Solo

Wiwiek menambahkan perawatan stadion yang dikelola oleh Pemkot Surabaya tidak hanya ketika ada kegiatan atau event olahraga saja, namun itu terus dilakukan secara berkala. Bahkan Disbudparpora juga disupport visi oleh tenaga ahli yang berkompeten di bidang rumput.

“Nanti juga ada support visi dari tim PSSI turut turun tangan untuk mempersiapkan pertandingan AFC di Stadion GBT,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya