SOLOPOS.COM - Striker Jerman Thomas Mueller (3 dari kanan) merayakan golnya bersama Mario Goetze (kanan) dan Bastian Schweinsteiger (7) di babak kualifikasi Euro Cup 2016 melawan Skotlandia. JIBI/Reuters/Kai Pfaffenbach

Kualifikasi Euro Cup 2016 antara Skotlandia vs Jerman berakhir dengan kemenangan tipis 2-3 Jerman. Mueller menjadi pahlawan dalam laga itu.

Solopos.com, GLASGOW—Juara dunia Jerman semakin dekat menapakkan kaki di Prancis, lokasi putaran final Euro 2016. Pasukan Joachim Loew tersebut hanya membutuhkan satu hasil seri pada dua laga berikutnya untuk menyegel tiket ke Prancis tahun depan.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Kalkulasi itu diperoleh setelah Jerman menundukkan Skotlandia 3-2 di laga Grup D Kualifikasi Euro 2016 di Hampden Park, Glasgow, Selasa (8/9/2016) dini hari WIB. Penyerang Thomas Meuller memborong dua gol untuk Der Panzer, julukan Jerman. Bomber Bayern Munich tersebut semakin akrab dengan gawang Skotlandia.

Pada pertemuan pertama kedua tim pada Grup D di Dortmund tahun lalu, Mueller juga mencetak brace (dua gol) ke gawang tim berjuluk The Tartan Army tersebut. Sesuai julukannya, Raumdeuter (Penyelidik Ruang), Mueller bisa memanfaatkan ruang kosong untuk memproses terjadinya dua gol di Hampden Park.

“Mueller punya indra keenam. Dia hanya berpikir cetak gol, cetak gol, dan cetak gol. Anda tidak bisa mengajarinya,” ungkap Loew, seperti dilansir kickoff.com.

Mueller membuka gol Jerman pada menit ke-18 dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun sekitar 10 menit kemudian, Skotlandia bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan bebas Sahun Maloney, bola meluncur deras dan bisa ditepis kiper Jerman, Manuel Neuer. Namun bola rebound mengenai tubuh bek Jerman, Mats Hummels, dan memaksa pemain Borussia Dortmund itu mencetak gol bunuh diri.

Tujuh menit kemudian, Mueller menjadikan kedudukan 2-1. Namun, gol James McArthur kembali membuat Skotlandia mampu menyamakan kedudukan sekitar tiga menit sebelum jeda turun minum. Jerman baru  bisa memanfaatkan kemenangan mereka melalui gol Ilkay Gundogan pada menit ke-54.

Kemenangan atas Skotlandia mengantar Jerman memperlebar jarak menjadi dua poin di puncak klasemen sementara Grup D atas Polandia. Der Panzer setidaknya meraih tiket play-off seandainya kalah dalam dua laga berikutnya, melawan Rep. Irlandia pada 8 Oktober dan meladeni Georgia dua hari kemudian.

Sebaliknya, perjalanan Skotlandia untuk berpartisipasi ke Euro 2016 semakin terjal. Kekalahan dari Jerman menenggelamkan mereka ke peringkat keempat, terpaut empat poin dari Rep. Irlandia dan enam poin dari Polandia. Jika masih ingin lolos ke Prancis, Skotlandia harus mengalahkan Polandia pada laga berikutnya, sementara Rep. Irlandia tidak menang dalam dua laga berikutnya.

“Apa pun yang Anda pikirkan, untuk dua laga berikutnya, mereka [para pemain] telah membuktikan kerja keras. Bebeberapa hal dalam diri mereka sudah berusaha. Mereka bisa bangga dengan performa mereka,” ungkap Pelatih Skorlandia, Gordon Strachan, seperti dikutip reuters.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya