SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kualifikasi Euro 2016 antara Skotlandia vs Jerman berakhir dengan kemenangan Jermandengan skor 2-3.

Solopos.com, GLASGOW — Harus bermain dengan ketat, Jerman tidak mudah menundukkan Skotlandia. The Tartan Army, julukan Skotlandia memberikan perlawanan sengit, meski akhirnya Jerman menang 3-2.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dua dari tiga gol Jerman diciptakan oleh Thomas Mueller, sementara satu lainnya diciptakan oleh Ilkay Guendogan. Sedangkan dua gol Skotlandia lahir dari gol bunuh diri Mats Hummels dan sepakan James McArthur.

Dengan hasil ini, Jerman tetap memimpin klasemen Grup D kualifikasi Piala Eropa 2016 dengan nilai 19. Sementara, Skotlandia berada di posisi keempat dengan nilai 11.

Seperti dilansir detiksport, pada pertandingan yang berlangsung di Hampden Park, Selasa (8/9) dinihari WIB, tersebut, Jerman sudah terlihat mendominasi jalannya laga sejak kick-off. Hal ini dipertegas dengan catatan statistik, di mana Die Mannschaft memenangi penguasaan bola hingga 70%.

Tim besutan Joachim Loew itu juga unggul dalam urusan percobaan untuk mencetak gol: 16 attempts (10 on target) berbanding 5 attempts (4 on target) milik Skotlandia. Namun demikian, Skotlandia mampu menyulitkan Jerman di babak pertama.

Jerman unggul ketika pertandingan memasuki menit ke-18 lewat sepakan Thomas Mueller. Gol bermula dari operan yang dibangun rapi di depan kotak penalti Skotlandia. Mueller, yang menerima bola, lantas menggiring bola sampai mendekati boks dan melepaskan sepakan datar dari luar kotak penalti. Bola pun melesat ke pojok bawah gawang Skotlandia.

Jerman terus menekan setelah gol tersebut. Tetapi, pada menit ke-28, Jerman justru kebobolan. Gol bermula dari pelanggaran Emre Can terhadap Charlie Mulgrew di sisi sebelah kanan pertahanan Jerman.

Shaun Maloney langsung mengambil tendangan bebas akibat pelanggaran tersebut. Tendangannya masih bisa dihalau kiper Jerman, Manuel Neuer, tetapi bola rebound mengenai badan Mats Hummels dan bola pun masuk ke dalam gawang Jerman. 1-1.

Skor 1-1 itu hanya bertahan enam menit. Pada menit ke-34, Mueller kembali membawa Jerman unggul 2-1. Berawal dari tendangan Can yang dihalau kiper Skotlandia, David Marshall, Mueller melepaskan sundulan tepat di depan gawang. Sundulan Mueller sempat membentur tiang dan dihalau Charlie Mulgrew, tetapi wasit menyatakan bahwa bola sudah melewati garis.

Laga menjadi semakin menarik ketika James McArthur membuat tuan rumah menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-43. Berawal dari sebuah sepak pojok, bola jatuh di kaki McArthur. Tanpa buang waktu, McArthur langsung melepaskan sepakan first-time setengah voli yang membuat Neuer terkecoh. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-2.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-54, Jerman kembali memimpin. Kali ini, kerjasama antara Mueller dan Ilkay Guendogan diakhiri dengan baik oleh nama yang disebut terakhir. Umpan tarik Mueller kepada Guendogan diselesaikan oleh gelandang Borussia Dortmund itu lewat sepakan datar. Skor berubah lagi menjadi 3-2. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
Skotlandia:
Marshall, Hutton, Mulgrew, Martin, Hanley, McArthur, Morrison, Brown (Martin 80), Forrest (Ritchie 80), Maloney (Anya 60), Fletcher.

Jerman: Neuer, Hector, Hummels, Boateng, Can, Schweinsteiger, Kroos, Guendogan, Oezil (Kramer 90), Goetze (Schuerrle 86), Mueller.

Thomas Muller dkk merayakan golnya ke gawang Skotlandia. JIBI/Reuters/Lee Smith

Thomas Muller dkk merayakan golnya ke gawang Skotlandia. JIBI/Reuters/Lee Smith

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya