SOLOPOS.COM - Dua gelandang Jerman merayakan gol kemenangan dalam sebuah pertandingan. Ist/dok

Kualifikasi Euro 2016 antara Skotlandia vs Jerman, menjadi peluang besar bagi Der Panzer untuk mengunci tiket ke final.

Solopos.com, GLASGOW— Jerman berpeluang besar menyegel tiket ke putaran final Euro 2016 ketika turun di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Selasa (8/9/2015) pukul 01.45 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah menumbangkan Polandia 3-1, Sabtu (5/9/2015) WIB, Jerman bertengger di puncak klasemen sementara Grup D Kualifikasi Euro 2016. Pasukan Joachim Loew unggul dua poin atas Polandia, empat poin atas Rep. Irlandia, dan lima poin atas Skotlandia.

Dengan dua laga tersisa di Grup D, Jerman dipastikan akan lolos ke Prancis, host Euro 2016, apabila bisa mengalahkan Skotlandia di Glasgow, sementara dalam waktu bersamaan Rep. Irlandia kalah dari Georgia di Dublin.

Sebaliknya, kemenangan Jerman di Glasgow bisa membuat mimpi Skotlandia untuk finis dua besar Grup D, sebagai syarat lolos otomatis ke Prancis,  bisa terkubur. The Tartan Army, julukan Skotlandia, akan semakin jauh tertinggal dari rival-rival mereka. Peluang finis tiga besar alias meraih tiket play-off bahkan bisa juga melayang apabila tumbang dari Jerman.

Berbekal sembilan gol dan tanpa kebobolan dalam dua laga tandang terakhir di Grup D, Mesut Ozil dkk. bisa menambah luka Skotlandia yang baru saja menelan kekalahan 0-1 di Georgia , Jumat dini hari WIB lalu. “Saya pikir jika kami bermain dengan gaya kami tanpa membuat kesalahan, kami punya peluang bagus untuk memenangi bentrok ini. Saya harap ini akan jadi pertandingan menarik dan tentu saja kami ingin menang dan kami harus menang,” jelas bek sentral Der Panzer, Mats Hummels, seperti dilansir bbc.com, Minggu (6/9/2015).

Loew kemungkinan akan menurunkan bek kanan Emre Can, bek kiri Jonas Hector, dan gelandang serang Karim Bellarabi sebagai starter. Meski minim terbang di tim senior Jerman, ketiganya tampil memuaskan ketika melawan Polandia. Seperti dilansir dfb.de, Bellarabi mampu berlari hingga 7,2 kilometer dan membukukan 19 kali sprint saat diturunkan selama 53 menit.

“Skotlandia kalah dari Georgia dan mereka akan bermain kandang, jika mereka ingin menjaga peluang lolos, mereka harus lebih bermain menyerang. Jadi, kami tidak berharap melawan tim defensif seperti ketika melawan Polandia,”ujar Loew yang berharap Skotlandia bermain terbuka di Glasgow, seperti dilansir fourfourtwo.com.

Pada pertemuan pertama kedua tim di Grup D, Der Panzer menang 2-1 di Dortmund. Dua gol Jerman diborong Thomas Mueller. Sementara Skotlandia hanya bisa membalas lewat  Ikechi Anya setelah memanfaatkan assist Steven Fletcher.

Pelatih Skotlandia, Gordon Strachan, membantah kekalahan timnya dari Georgia dikarenakan serangan yang kurang tajam. Skema 4-2-3-1 yang dipakai Skotlandia tidak berjalan sempurna. Mereka juga tak mempunyai plan B setelah tertinggal gol Georgia yang bermain bertahan dengan mengandalkan fisik. “Kami harus punya operan dan umpan silang lebih baik dan jika kami mendapatkannya, maka kami bisa membuat peluang serta mencetak skor,” jelas Strachan, seperti dilansir theguardian.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN SKOTLANDIA VS JERMAN
– Live RCTI, Selasa (8/9) Pukul 01.45 WIB
– Stadion: Hampden Park (Glasgow, Skotlandia)
– Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

– Skotlandia (4-2-3-1) Pelatih: Gordon Strachan (Skotlandia)
Marshall
Hutton, Martin, Mulgrew, Robertson
Morrison, Brown
Maloney, Naismith, Anya
S. Fletcher
Cadangan: Hanley, Robertson, Forrest, Naismith, Griffiths, Anya, Gordon, Martin, McGregor, Whittaker, Ritchie, Greer, Russell, D. Fletcher, McArthur

– Jerman ( 4-2-3-1) Pelatih: Joachim Loew (Jerman)
Neuer
Can, Boateng, Hummels, Hector
Schweinsteiger, Kroos
Mueller, Ozil, Bellarabi
Goetze
Cadangan:Gundogan, Podolski, Zieler, Kruse, Mustafi, Rudy, Ginter, Volland, Schuerrle, Ter Stegen, Kramer

Tiga Pertemuan Terakhir
08/09/2014         Kualifikasi Euro  Jerman 2 – 1       Skotlandia
11/09/2003         Kualifikasi Euro  Jerman 2 – 1       Skotlandia
07/06/2003         Kualifikasi Euro  Skotlandia           1 – 1       Jerman

Sumber: uefa.com/soccerway.com/diolah. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya