SOLOPOS.COM - Logo Piala Eropa (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, ZILINA— — Hasil impresif 5-1 di laga perdana kualifikasi Euro 2016 melawan Makedonia tak membuat Spanyol berpuas diri. Sebaliknya, skuat berjuluk Matador itu berambisi untuk tampil lebih buas dalam dua laga lain yang sudah di depan mata.

La Furia Roja, julukan Spanyol, bakal melanjutkan perjuangannya di babak kualifikasi Grup C dengan menantang Slovakia di Stadion Pod Dubnom, Zilina, Slovakia, Jumat (10/10/2014) dini hari WIB. Hanya empat hari berselang, Iker Casillas dkk. bakal melakoni laga tandang lainnya kontra Luksemburg, Senin (13/10) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ambisi Spanyol bermain lebih baik bukan tanpa alasan. Skuat Matador membungkam Makedonia 5-1 di mana dalam laga itu, September lalu, mereka tidak diperkuat Diego Costa. Situasinya bisa jadi jauh berbeda dalam dua laga ke depan. Meski tak ada jaminan Costa diturunkan sebagai starter, bomber Chelsea tersebut berpeluang besar tampil ketika Spanyol menantang Slovakia dan Luksemburg.

Kondisi Costa sendiri memang meragukan. Bintang kelahiran Brasil itu selama ini kerap dibekap cedera hamstring dan masalah itu pula yang membuatnya gagal bersinar di Piala Dunia 2014, Juni-Juli lalu. Bahkan dengan alasan yang sama, pelatih Chelsea, Jose Mourinho, sempat berharap sang pemain tidak akan bergabung dengan Timnas Spanyol pada jeda internasional kali ini.

Namun, pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, berkukuh memanggilnya. Gayung pun bersambut karena Costa juga tidak berniat absen dalam dua laga kualifikasi Euro 2016 ke depan, Jumat dan Senin dini hari WIB.

Sikap Costa yang nekad ingin bermain memang bisa dipahami. Bintang berusia 26 tahun itu tampil moncer bersama Chelsea dengan telah mencetak sembilan gol dalam tujuh laga Liga Premier musim ini. Tetapi anehnya, Costa selalu tampil melempem saat berlaga dengan timnas. Dari lima penampilannya bersama juara Euro 2008 dan Euro 2012 itu sejauh ini, ia selalu gagal menyumbangkan gol.

Puasa gol itu pulalah yang membuat eks bintang Atletico Madrid itu tertantang untuk kembali mencoba peruntungannya saat Spanyol menantang Kroasia dan Luksemburg. Hal itu dengan catatan dirinya dalam kondisi bugar dan siap turun ke lapangan.

“Saya ingin bermain ketika berada dalam kondisi yang bagus. Saya ingin mencetak gol seperti apa yang aku lakukan di Chelsea,” ujar Costa dilansir New Straits Times, Rabu (8/10).
Tetapi jika Costa akhirnya tidak bermain, Vicente del Bosque bisa mengandalkan striker Valencia, Paco Alcacer.

Penyerang berusia 21 tahun itu melakoni debutnya dalam laga melawan Prancis pada awal September lalu dan langsung mencetak gol dalam pertandingan kompetitif pertamanya saat Spanyol membungkam Makedonia 5-1, Selasa (9/9).

Di sisi lain, kontroversi muncul seusai keputusan Vicente del Bosque mencantumkan Gerrard Pique dalam daftar pemain timnya. Hal itu menyusul adanya keraguan atas komitmen bintang Barcelona itu dengan Spanyol. Namun, hal itu buru-buru dibantah Pedro Rodriguez yang juga rekan satu tim Pique di Barcelona. “Pique sangat ingin membantu tim. Dia selalu bermain di level tertinggi dengan timnas,” kata Pedro. (Triyono/JIBI/Solopos)

Diego Costa dkk. timnas Spanyol ingin tampil lebih baik di Piala Eropa 2016. Ist/skysports.com

Diego Costa dkk. timnas Spanyol ingin tampil lebih baik di Piala Eropa 2016. Ist/skysports.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya