SOLOPOS.COM - Warga Palestina rayakan gencatan senjata jangka panjang (JIBI/Solopos/Reuters)

KTT OKI menghasilkan penegasan bahwa OKI, termasuk Indonesia, mendukung kemerdekaan Palestina.

Solopos.com JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas sebagai kegiatan awal dalam kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) ke-5 Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sebagai saudara dekat Palestina, merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT LB ke-5 OKI. Terlebih dalam KTT kali ini fokus pembahasannya adalah mengenai Palestina dan Al Quds Al-Sharif. Menurut Presiden Jokowi, KTT ini merupakan bentuk dukungan penuh serta solidaritas Indonesia dan OKI terhadap Palestina.

“Saya harap KTT ini mendorong persatuan negara-negara anggota OKI dalam mendukung kemerdekaan Palestina dan menyelesaikan isu Al-Quds Al Sharif”, kata Presiden seperti disampaikan Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan resmi, Minggu (6/3/2016).

Jokowi berharap negara-negara Islam dapat berperan lebih banyak dalam proses perdamaian Palestina-Israel. Indonesia, lanjutnya, siap untuk berperan dalam proses perdamaian. Dia menambahkan dukungan Indonesia atas kemerdekaan Palestina akan dilaksanakan sesuai kerangka two-state solution dan sejalan dengan berbagai resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang relevan.

Indonesia mendukung berbagai terobosan dan inisiatif untuk menyelenggarakan konferensi internasional tentang perdamaian Palestina. Presiden berharap KTT OKI di Jakarta kali ini akan dapat memberikan solusi konkret dan Indonesia akan terus berpartisipasi untuk mendukungnya.

Presiden menyatakan bahwa persatuan bangsa Palestina merupakan hal yang mendasar. Indonesia akan mendorong semua faksi untuk bersatu guna mewujudkan kemerdekaan Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya