SOLOPOS.COM - Salah satu pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Boyolali saat menggunakan aplikasi KTP Digital bernama Identitas Kependudukan Digital di kantornya, Kamis (15/9/2022). Beberapa pegawai di Disdukcapil sudah menggunakan KTP digital. (Solopos/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Boyolali akan melakukan sosialisasi terkait penggunaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital kepada masyarakat Boyolali mulai Oktober ini.

Kepala Disdukcapil Boyolali, Susilo Hartono, mengatakan saat ini pihaknya sudah merumuskan sosialisasi terkait KTP digital kepada masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rencananya kami sosialisasikan paling lambat pada Oktober, itu dimulai dan selesai. Selain sosialisasi, kami juga akan melakukan pelayanan pembuatan KTP digital. Rencananya seperti itu, tapi masih kami kaji lebih lanjut,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Kamis (15/9/2022).

Sebelumnya, diberitakan bahwa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah melakukan uji coba  penggunaan KTP digital beberapa waktu lalu, disusul pegawai Disdukcapil Boyolali yang juga telah mencobanya.

Selanjutnya, masyarakat Boyolali, segera disosialisasikan kebijakan tersebut.

Baca juga: Anda Sudah 17 Tahun & Mau Membuat KTP? Gampang! Intip Dulu Syaratnya

Susilo merencanakan, target sosialisasi KTP digital pada Oktober nanti yakni warga yang diharapkan bisa menyebarluaskan informasi terkait KTP digital. Di antaranya pengurus organisasi siswa di SMA/K sederajat, ibu-ibu, dan juga perangkat desa.

Susilo mengatakan siswa sekolah disasar pertama kali sebagai target sosialisasi karena dianggap lebih mengenal teknologi seperti ponsel pintar. Ia berharap siswa dapat menyebarluaskan informasi tentang KTP digital ke orang-orang sekitarnya.

“Kami sasarannya ibu-ibu karena biasanya mereka pergaulannya banyak, ke sana-ke mari. Harapan kami KTP digital lebih tersosialisasi. Kemudian, tidak menutup kemungkinan perangkat desa juga biar mereka tahu perkembangannya,” terangnya.

Untuk saat ini, Susilo mengungkapkan beberapa pegawai di Disdukcapil sudah mengunduh aplikasi KTP digital di Google Playstore dengan nama Identitas Kependudukan Digital. Mereka adalah pegawai yang memiliki smartphone berbasis android.

Akan tetapi, Susilo mengatakan, bagi pegawai yang memiliki smartphone berbasis iOS masih belum bisa mengakses KTP digital.

Baca juga: Blangko e-KTP di Sukoharjo Menipis, Kartu Rusak Jadi Prioritas Dicetak

Dalam KTP digital, Susilo menjelaskan terdapat beberapa informasi seperti data pribadi pemilik KTP digital, seluruh anggota keluarga, dokumen kependudukan seperti KTP dan kartu keluarga (KK), vaksin Covid-19, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kepemilikan kendaraan, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya