SOLOPOS.COM - Karang taruna Dusun Derman, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar mengumpulkan plastik di bank sampah untuk dijual, beberapa waktu lalu. Hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan mereka. (Istimewa/Larsito)

Solopos.com, KARANGANYAR–Karang taruna Dusun Derman, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu Karanganyar merintis pemanfaatan sampah rumah tangga melalui bank sampah. Hasilnya nanti digunakan untuk kegiatan mereka.

Kepala Dusun Derman, Larsito mengatakan inisiatif tersebut muncul sekitar Juli 2022. Menurut dia, kegiatan-kegiatan karang taruna selama ini dibiayai dari patungan atau iuran mereka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sehingga kemudian muncul gagasan untuk mencari pemasukan sendiri untuk mendukung kegiatan mereka.

“Selama ini kan karang taruna kalau ada kegiatan iuran, mungkin sebagian juga minta orang tua. Makanya terus cari ide apa yang kira-kira bisa menghasilkan uang untuk setidaknya meringankan biaya kegiatan,” ujarnya, Selasa (27/9/2022).

Selanjutnya muncul ide bank sampah, yakni mengumpulkan sampah rumah tangga untuk dijual. Mekanismenya, sampah rumah tangga, khususnya plastik, kertas, dan logam dikumpulkan oleh koordinator di masing-masing RT.

Selanjutnya sampah dikumpulkan di tingkat dusun. “Kalau sudah terkumpul di dusun, ada pengepul yang akan membeli sekaligus mengambilnya. Hasilnya dikumpulkan,” imbuhnya.

Larsito menambahkan rencananya akhir tahun hasil penjualan sampah itu digunakan untuk mendukung kegiatan karang taruna. Pihaknya berharap kegiatan ini bisa kontinyu dan menginspirasi karang taruna di dusun lainnya.

Sebab kegiatan ini banyak manfaatnya. Selain mendukung pemerintah dalam pengelolaan sampah, juga bisa menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan karang taruna/warga masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya