Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

KT Dusun Derman Karangmojo Karanganyar Rintis Bank Sampah untuk Biayai Kegiatan

Inisiasi bank sampah dilakukan Juli 2022 dan hasilnya digunakan untuk operasional KT Dusun Derman Karangmojo Tasikmadu Karanganyar
SHARE
KT Dusun Derman Karangmojo Karanganyar Rintis Bank Sampah untuk Biayai Kegiatan
SOLOPOS.COM - Karang taruna Dusun Derman, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar mengumpulkan plastik di bank sampah untuk dijual, beberapa waktu lalu. Hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan mereka. (Istimewa/Larsito)

Solopos.com, KARANGANYAR–Karang taruna Dusun Derman, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu Karanganyar merintis pemanfaatan sampah rumah tangga melalui bank sampah. Hasilnya nanti digunakan untuk kegiatan mereka.

Kepala Dusun Derman, Larsito mengatakan inisiatif tersebut muncul sekitar Juli 2022. Menurut dia, kegiatan-kegiatan karang taruna selama ini dibiayai dari patungan atau iuran mereka.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Sehingga kemudian muncul gagasan untuk mencari pemasukan sendiri untuk mendukung kegiatan mereka.

“Selama ini kan karang taruna kalau ada kegiatan iuran, mungkin sebagian juga minta orang tua. Makanya terus cari ide apa yang kira-kira bisa menghasilkan uang untuk setidaknya meringankan biaya kegiatan,” ujarnya, Selasa (27/9/2022).

Selanjutnya muncul ide bank sampah, yakni mengumpulkan sampah rumah tangga untuk dijual. Mekanismenya, sampah rumah tangga, khususnya plastik, kertas, dan logam dikumpulkan oleh koordinator di masing-masing RT.

Selanjutnya sampah dikumpulkan di tingkat dusun. “Kalau sudah terkumpul di dusun, ada pengepul yang akan membeli sekaligus mengambilnya. Hasilnya dikumpulkan,” imbuhnya.

Larsito menambahkan rencananya akhir tahun hasil penjualan sampah itu digunakan untuk mendukung kegiatan karang taruna. Pihaknya berharap kegiatan ini bisa kontinyu dan menginspirasi karang taruna di dusun lainnya.

Sebab kegiatan ini banyak manfaatnya. Selain mendukung pemerintah dalam pengelolaan sampah, juga bisa menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk mendukung kegiatan karang taruna/warga masyarakat.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode