SOLOPOS.COM - Sejumlah kru Moto GP dari Tim Ducati bersiap terbang ke Lombok usai melakukan tes usap PCR di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (14/3/2022). Sebanyak 2.500 kru tim Moto GP sudah tiba di Indonesia dan sebagian sudah bertolak ke Lombok untuk persiapan mengikuti Moto GP seri kedua yakni Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit. (Antara/Muhammad Iqbal)

Solopos.com, MANDALIKA – “Begitu banyak jalan cerita menuju ke Indonesia dan itu hanya ada di putaran 2! Kelas Moto GP siap bergemuruh.” Demikian cuitan akun Twitter resmi Moto GP pada Senin (14/3/2022).

Kalimat tersebut seolah menggambarkan betapa bersemangatnya mereka menuju Mandalika, Lombok, Indonesia untuk menampilka pertarungan para pembalap kuda besi kelas dunia. Para kru tim Moto GP telah berdatangan di Lombok pada Senin, setelah sebelumnya logistik mereka tiba di Sirkuit Mandalika. Raut wajah mereka semringah setibanya di Bandara Internasional Lombok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: 1.300 Kamar Berupa Tenda Tersedia di sekitar Sirkuit MotoGP Mandalika

Para pembalap tentu masih lumayan asing dengan karakter lintasan Sirkuit Mandalika, karena mereka baru menjajal aspal sirkuit tersebut pada pramusim lalu. Bahkan sebagian aspal tersebut saat ini diganti dengan yang baru. Jadi tidak ada pembalap yang mendominasi di Mandalika sejauh ini, peluang mereka tetap sama.

Melalui laman resmi mereka, Moto GP menyebut karakter tikungan di Sirkuit Mandalika akan menjadi daya tarik bagi persaingan para pembalap. Semua tim berharap mendapatkan hasil terbaik di Mandalika nanti.

Baca juga: Mau Keliling Lombok Usai Nonton MotoGP? Ini Rental Mobil Recomended

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyiapkan Media Center Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika untuk mendukung kegiatan peliputan balap Moto GP Pertamina Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022. Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Kominfo, Septriana Tangkary, menegaskan Kominfo mendukung penuh penyelenggaraan balap Moto GP di Lombok, salah satunya dengan menyediakan fasilitas MCI. Berdiri di lahan seluas 500 meter persegi, MCI sebelumnya telah beroperasi dalam pelaksanaan tes pramusim Moto GP pada 11-13 Februari 2022 dan akan kembali beroperasi di sirkuit jalan raya di pesisir selatan Lombok itu mulai pukul 08:00 WITA hingga 17:00 WITA saat gelaran Moto GP akhir pekan ini.

“Fasilitas yang tersedia di MCI adalah ruang press conference, ruang kerja dengan 20 unit laptop, area relaksasi dengan kursi refleksi, mesin pencetak (printer), dan wifi/koneksi internet,” terang Septriana dikutip dari Antara, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Mau Nonton MotoGP di Mandalika? Mampir Juga ke 5 Wisata Recomended Ini!

Komandan Lapangan Moto GP Mandalika 2022, Hadi Tjahjanto, pada Senin juga meninjau langsung persiapan MCI tersebut dan memastikan pembangunan fasilitas pendukung para jurnalis peliput Moto GP di Mandalika akan rampung tepat waktu.

“Pembangunan MCI tidak ada kendala dan berjalan dengan baik,” kata Hadi.

Hingga 14 Maret 2022, total jumlah media nasional dan daerah yang terdaftar di MCI mencapai 184 media. Kehadiran MCI itu akan sangat membantu para jurnalis, khususnya mereka yang tidak mendapatkan akreditasi dari Dorna Sports, mengingat penyelenggara memberi batasan jumlah awak media yang mendapatkan akses meliput langsung kegiatan balap Moto GP di paddock.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya