Kronologi Pencuri Bebek Ditangkap setelah Terekam Kamera CCTV

Pencuri tidak mengetahui di kandang bebek ada kamera CCTV.
Kronologi Pencuri Bebek Ditangkap setelah Terekam Kamera CCTV
SOLOPOS.COM - Petugas Polsek Sawit memeriksa tempat kejadian perkara (TKP) pencurian bebek di Dukuh Jenengan, RT 003/RW 001, Desa Jenengan, Sawit, Senin (6/12/2021). (Istimewa/Polsek Sawit)

Solopos.com, BOYOLALI—Warga Polanharjo, Klaten, AS, 38, ditangkap warga setelah mencoba mencuri bebek di Dukuh Jenengan, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, Senin (6/12/2021).

PromosiFood Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru

Kejadian ini bermula saat AS hendak mencuri bebek milik Priyadi, 42, warga Dukuh Jenengan RT 003/RW 001, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Senin sekitar pukul 02.30 WIB. Ia lalu memanjat tembok kandang bebek.

Di kandang itu ia berhasil menggiring 38 ekor bebek milik Priyadi. Namun, baru delapan ekor bebek yang berhasil dimasukkan ke dalam karung yang ia bawa. Sedangkan, sisanya masih dibiarkan di sudut kandang.

Baca Juga: Wahana Baru Wisata Batu Putih Bayat Klaten Ditarik Lagi ke Gudang

Namun, aksi AS ini diketahui Priyadi melalui kamera closed circuit television atau CCTV yang dipasang di kandang. Priyadi lantas keluar memeriksa kandang yang disambangi maling ini.

AS kaget saat mendengar pintu terbuka. Ia lalu kabur dan meninggalkan 8 ekor bebek yang sudah dikarungi itu. Ia lari menghindari kejaran pemilik dan terperosok di parit tak jauh dari kandang bebek.

“Pelaku bersembunyi di sana sekitar dua jam. Pelaku ini ditangkap warga saat subuh. Tubuhnya luka lantaran terperosok rumpun bambu dekat parit,” kata Kanit Reskrim Polsek Sawit, Aiptu FX Sutrisno, mewakili Kapolsek Sawit, AKP Akrom, saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: LPQ Al-Amin Denokan Sukoharjo Kenalkan Lingkungan Anak lewat Outbound

Sutrisno menjelaskan seusai pelaku tertangkap, warga lantas melaporkan kejadian itu ke Polsek Sawit. “Tidak ada pengeroyokan atau perlakuan anarkistis dari warga. Begitu dapat laporan warga, kami datangi TKP [tempat kejadian perkara],” sambung dia.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sebuah karung yang dipakai untuk mewadahi bebek, 38 ekor bebek yang keluarkan dari kandang, dan satu unit sepeda motor milik pelaku. Total kerugian material dalam kasus ini berupa 38 ekor bebek setara Rp2,4 juta.

Baca Juga: Seleksi Perangkat Desa Wonogiri, Sekolah Sediakan Komputer Cadangan

Menurut Sutrisno, pelaku memang pencuri spesialis ternak di wilayah Sawit, Boyolali, dan Klaten. Dalam melancarkan aksinya, baru kali ini gagal dan tertangkap warga.

Pelaku dikenai Pasal 363 jo 53 KUHP tentang pencurian. Pelaku lantas diserahkan kepada Polres Boyolali untuk proses hukum lebih lanjut.

 


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago