SOLOPOS.COM - Lokasi kecelakaan minibus yang mengangkut rombongan dari Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo di Jalan Raya Jatiyoso-Matesih pada Rabu (14/10/2020). (Solopos.com/Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kecelakaan maut terjadi di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Rabu (14/10/2020). Peristiwa nahas itu terjadi di Dusun Kangsi, RT 002/RW 001, Desa Karangsari, Kecamatan Jatiyoso.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Maulana Ozar, menduga kecelakaan itu terjadi akibat pengemudi minibus Mitsubishi berpelat AD 1096 DB hilang kendali. Sopir diduga tidak mengenali medan di wilayah jalan raya Jatiyoso-Matesih tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Jalan di situ kan kecil. Kalau dugaan kami rem blong. Kendaraan itu kan pelat AD seharusnya bisa memahami jalan. Bisa jadi faktor kendaraan. Pemilik kendaraan seharusnya mengecek itu laik jalan atau tidak," tutur dia.

Bujangan di Makamhaji Sukoharjo Meninggal Akibat Covid-19

2 Orang Meninggal

Akibat kejadian tersebut, dua orang dinyatakan meninggal dunia. Mereka adalah Muhammad Solihin, 33, dan Vera, 18, yang merupakan kerabat. Mereka tercatat sebagai warga Dukuh Kedungwinong, RT 002/RW 001, Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Muhammad Solihin mengemudikan minibus sedangkan Vera duduk di kursi penumpang bagian depan atau sebelah sopir. Solihin meninggal di lokasi kejadian kecelakaan maut di Jatiyoso itu.

"Sopir meninggal dunia di lokasi kejadian. Satu tambahan meninggal [Vera] di rumah sakit. Itu penumpang yang duduk di depan [sebelah sopir]," kata Maulana.

Jangan Khawatir, Pasar Mbatok Kemuning Karanganyar Sudah Bisa Transaksi Nontunai

Vera meninggal setelah mendapat perawatan di RS PKU Muhammadiyah Karanganyar. Rencananya Solihin dan Vera dimakamkan pada Rabu pukul 20.00 WIB di permakaman setempat. Yaitu Astanalaya Gendengan Dukuh Badran, Desa Kedungwinong, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo.

Anggota Satlantas Polres Karanganyar berada di lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Hingga pukul 15.00 WIB, minibus masih menggantung di tepi selokan atau antara jalan raya dengan area persawahan yang menjadi lokasi kecelakaan di Jatiyoso.

Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar menunggu petugas derek untuk mengevakuasi bangkai minibus. Posisi minibus miring ke kanan. Bagian depan minibus berada di jalan sedangkan bagian tengah ke belakang menggantung ke arah sawah.

Mobil Rombongan Wisata asal Nguter Sukoharjo Kecelakaan di Jatoyoso, 1 Meninggal Dunia

Kronologi

Seperti diberitakan sebelumnya, kecelakaan tunggal melibatkan rombongan keluarga yang hendak berwisata ke Tawangmangu. Rombongan mengendarai dua mobil, yakni Isuzu Panther dan minibus Mitsubishi.

Minibus berisi 13 orang, yaitu 12 orang penumpang dan satu sopir. Penumpang minibus terdiri dari lelaki dan perempuan dewasa, remaja, anak-anak, dan dua orang balita. Balita berusia 2 tahun dan 3,5 tahun. Menurut keterangan polisi, rombongan berangkat ke dari rumah pukul 10.00 WIB.

"Rute mereka melewati Kecamatan Jatiyoso. Sampai lokasi sekitar pukul 11.15 WIB. Medan di situ kan naik, turun, berkelok. Saat di kelokan hendak menurun, sopir mau mengurangi persneling dari tiga ke dua atau satu. Tetapi sulit dilakukan. Yang terjadi malah persneling netral," kata Kapolsek Jatiyoso, Iptu Subarkah, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi, saat ditemui wartawan di lokasi kejadian.

Kedapatan Belanja Pakai Upal, Dua Warga Klaten Digerebek Warga Gemolong

Oleng

Akibatnya, minibus melaju pada turunan tanpa kendali. Sopir berupaya mengendalikan laju minibus tetapi kendaraan oleng ke kanan.

Bagian atas minibus ringsek diduga menghantam gapura batas Desa Karangsari. Pantauan Solopos.com terdapat bekas cat warna merah pada salah satu sisi gapura yang menghadap ke jalan raya.

"Jarak dari atas sampai lokasi minibus menabrak gapura itu ada 500 meter. Setelah menabrak gapura itu, lalu minibus terpental ke samping belakang sehingga nyaris masuk sawah. Posisi bagian depan menumpang jalan sedangkan bagian belakang masuk ke jurang," jelas dia.

Wow, Kampanye Tatap Muka Pilkada Sukoharjo 2020 Terbanyak Se-Jateng, Nomor 2 Se-Indonesia

Seluruh penumpang dan sopir minibus yang mengalami kecelakaan di Jatiyoso berhasil dievakuasi oleh warga setempat dan orang yang melintas di lokasi kejadian. Evakuasi dilakukan menggunakan mobil bak terbuka. Mereka dibawa ke puskesmas terdekat dengan kondisi luka-luka.

Penumpang yang mengalami luka berat langsung dievakuasi menggunakan ambulans ke RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dan RSUD Karanganyar.

"Ambulans dari sukarelawan ini responsif. Mereka langsung datang ke lokasi untuk mengevakuai korban. Ada beberapa ambulance ya yang di lokasi," tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya