SOLOPOS.COM - Arsip foto nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, saat melakukan aktivitas di laut. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.)

Solopos.com, JEPARA — Dua nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dikabarkan hilang. Keduanya melaut dari Perairan Bondo menuju Perairan Empurancak, Kecamatan Mlonggo, Jepara, pada Kamis (18/8/2022).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah( BPBD) Jepara, Arwin Noor Isdiyanto, mengatakan, dua nelayan itu berasal dari desa yang berbeda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kedua nelayan yang dikabarkan hilang tersebut, yakni Broto asal Desa Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara dan Triyono asal Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara,” katanya di Jepara, Senin (22/8/2022).

Ia mengemukakan kedua korban berangkat melaut pada Kamis (18/8/2022) sekitar pukul 15.00 WIB dari Perairan Bondo, Kecamatan Bangsri, Jepara. Namun hingga keesokan harinya kedua nelayan di Jepara itu belum pulang.

Lantas para nelayan lainnya pun sepakat melakukan pencairan. Sayangnya hingga hari ini, Senin (22/8/2022) kedua nelayan yang hilang itu belum ditemukan.

Baca juga : 2 Nelayan Jepara Diduga Hilang Saat Melaut, Ini Identitasnya

Sementara jarak antara Perairan Bondo dengan Perairan Empurancak sendiri diperkirakan sekitar 6 mil. Namun, kapal nelayan Sumber Rejeki yang ditumpangi kedua korban tersebut belum juga diketahui keberadaannya.

Untuk sementara, tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jepara belum diterjunkan karena masih melakukan monitoring di lapangan. Namun, sewaktu-waktu dibutuhkan akan segera diterjunkan.

Nelayan asal Bondo, Priyo, mengatakan, gelombang laut sedang tinggi saat kedua korban melaut. Tinggi gelombang sekitar 2-3 meter.

“Ketika berangkat Kamis (18/8/2022) sore, seharusnya keduanya pulang pada Jumat (19/8/2022) sekitar pukul 03.00 WIB. Akan tetapi, pada hari itu belum juga pulang. Lantas ditunggu keesokan harinya ternyata juga tidak pulang sehingga dilakukan pencarian oleh para nelayan,” katanya.

Baca juga : Pemkab Jepara Usulkan Pembangunan Tol Demak-Jepara

Atas informasi tersebut, kemudian para nelayan melakukan pencarian, termasuk tim BPBD Jepara juga ikut membantu melakukan monitoring serta pengumpulan data lapangan.

Pencarian kedua nelayan yang diduga hilang di Jepara tersebut juga dilakukan hingga ke perairan Semarang. Sedangkan pada Senin (22/8/2022) ini dilakukan pencairan di Perairan Karimunjawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya