SOLOPOS.COM - Striker Belgia, Romelu Lukaku (tengah) merayakan golnya bersama rekan setimnya, Jan Verthongen dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan kroassia di Stadion Maksimir, Zagreb, Jumat (11/10/2013). Dalam laga ini Belgia menang 2-1 dan memastikan langkahnya lolos ke Piala Dunia 2014. JIBI/Solopos/Reuters/Antonio Bronic

Solopos.com, ZAGREB –Belgia akhirnya memastikan langkahnya lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brazil. Konfirmasi ini dipastikan Rode Duivels, julukan Belgia, setelah mengalahkan Kroasia 2-1 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup A di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Jumat (11/10/2013) malam WIB.

Kemenangan Belgia diciptakan lewat dua gol yang dilesakkan Romelu Lukaku. Striker Chelsea yang dipinjamkan ke Everton ini menciptakan kedua golnya di babak pertama, yakni menit ke-15 dan 38.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara, satu-satunya gol balasan tuan rumah diceploskan Niko Kranjcar di menit ke-83.

Kemenangan ini membuat Belgia menyusul Italia dan Belanda sebagai wakil Eropa yang sudah lebih dulu lolos ke Brazil 2014. Belgia kali terakhir tampil di Piala Dunia adalah pada edisi 2002. Saat itu Rode Duivels hanya mampu bertahan hingga fase knockout babak 16 besar.

Belgia kokoh di puncak klasemen Grup A dan tak mungkin terkejar oleh para rivalnya, dengan torehan 25 poin. Sementara, Kroasia masih berpeluang lolos ke Brazil 2014 melalui jalur play off, jika mampu mempertahankan posisi runner up.

Dalam laga yang disiarkan secara langsung ANTV itu, Belgia sebenarnya tinggal membutuhkan tambahan satu poin untuk mengamanka
n tiket ke Brazil. Karenanya Rode Duivels tampil cukup berhati-hati di awal pertandingan.

Di sisi lain, Kroasia yang melabeli laga kontra Belgia sebagai wajib menang tampil sporadis sejak awal. Kroasia mengepung pertahanan Belgia dan acap memberikan tekanan.

Namun, siapa sangka tampil dominan tak menjamin Kroasia unggul. Kroasia justru kebobolan di menit ke-15 melalui Lukaku.

Gol tercipta setelah pemain Kroasia salah memberikan umpan ke pemain Belgia, Steven Defour. Defour pun langsung memberikan umpan terobosan ke Lukaku, yang langsung melesat kencang untuk menghindari pengawalan pemain Kroasia dan menjebol gawang Stipe Pletikosa.

Tertinggal satu gol membuat mental pemain Kroasia sedikit menurun. Meski demikian mereka tetap berusaha menjebol gawang lawan.

Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Kroasia justru kembali kebobolan. Lukaku kembali tampil sebagai momok Kroasia, setelah aksi individunya memanfaatkan scenario serangan balik tak mampu dibendung tim lawan.

Keunggulan dua gol ini Belgia ini bertahan hingga babak pertama usai.

Memasukki babak kedua, Belgia tampil lebih tenang. Memanfaatkan lebar lapangan anak asuh Marc Wilmots kerap menciptakan peluang berbahaya.

Meski demikian, gol tambahan Belgia urung tercipta. Kroasia justru yang mampu memecah kebuntuan usai di menit ke-83 lewat Kranjcar. Sepakan Kranjcar, yang memanfaatkkan kemelut di daerah pertahanan Belgia, tak mampu ditepis kiper Thibaut Courtois.

Susunan Pemain

KROASIA (4-5-1)

Stipe PLETIKOSA (GK); Dejan LOVREN, Domagoj VIDA, Ivan PERISIC, Ivan RAKITIC, Ivan STRINIC, Luka MODRIC, Mario MANDZUKIC, Mateo KOVACIC, Sime VRSALJKO, Vedran CORLUKA

BELGIA (4-5-1)
Thibaut COURTOIS (GK); Nicolas LOMBAERTS, Toby ALDERWEIRELD, Daniel VAN BUYTEN, Jan VERTONGHEN; Axel WITSEL, Eden HAZARD, Kevin DE BRUYNE, Marouane FELLAINI, Steven DEFOUR; Romelu LUKAKU

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya