Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

KRL Solo-Jogja Sampai Palur Mulai Juli 2022, Kapan Sampai Madiun?

Wacana KRL Solo-Jogja sampai Madiun mengemuka sejak KRL beroperasi dan warganet menginginkan KRL beroperasi hingga Kutoarjo dan Madiun.
SHARE
KRL Solo-Jogja Sampai Palur Mulai Juli 2022, Kapan Sampai Madiun?
SOLOPOS.COM - Kereta Rel Listrik (KRL) melintasi rel listrik di bawah overpass Jl. D.I Pandjaitan, Gilingan, Banjarsari, Solo, saat uji coba dari Stasiun Palur menuju Stasiun Solo Balapan, Rabu (6/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kereta rel listrik atau KRL Solo-Jogja akan beroperasi hingga Stasiun Palur, Karanganyar pada pekan pertama Juli 2022. Salah satu pertanyaan warganet yang kerap muncul adalah akankah KRL Solo-Jogja sampai ke Madiun.

Uji coba KRL Solo-Jogja sampai Stasiun Palur sudah dilakukan Kamis (26/5/2022). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mencoba KRL dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Palur atau rute KRL sepanjang 6,8 kilometer.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Selama ini KRL Solo-Jogja melayani rute Stasiun Solo Balapan hingga Stasiun Tugu Yogyakarta. Rencananya, Kementerian Perhubungan mulai mengoperasikan KRL Solo-Jogja pada pekan pertama Juli 2022.

Progres fisik kumulatif elektrifikasi Solo Balapan-Palur mencapai 84,33 persen dan pada Juli diharapkan beroperasi penuh.

“Insya Allah bulan Juli mulai [operasional KRL sampai Palur]. Ini menunjukkan konsistensi kami bahwa aglomerasi tak terbantahkan. Satu kota dengan kota sekitarnya harus dihubungkan dengan angkutan massal,” kata Budi Karya Sumadi saat menjajal KRL Solo Balapan-Palur, Kamis.

Baca Juga: Cepat Banget! Segini Waktu Tempuh Solo Balapan-Palur Naik KRL

Lantas apakah KRL Solo-Jogja hanya sampai Palur atau mungkinkah diperpanjang hingga Madiun? KRL Solo-Jogja sampai Madiun memungkinkan dilakukan meski tidak dalam waktu dekat.

Kemenhub menggencarkan elektrifikasi jalur rel kereta api. Elektrifikasi Stasiun Palur sampai Kedungbanteng, Kabupaten Madiun masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Pada Maret 2022 lalu, Budi Karya Sumadi, mempertegas rencana pengembangan KRL Solo-Jogja hingga melayani rute Kutoarjo hingga Madiun.

“Lima tahun mendatang akan terus dikembangkan sampai ke Kutoarjo dan Madiun,” tegas Budi Karya saat menghadiri kegiatan Perjalanan 1 Tahun KRL Solo-Jogja sekaligus peluncuran Kartu Multi Trip (KMT) oleh PT KAI Commuter Indonesia (KCI) di Sky Bridge Stasiun Solo Balapan, Sabtu (12/3/2022).

Baca Juga: Ini Dia Jadwal Terbaru KRL Solo – Jogja 2022

Pada 2022, Ditjen Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub mulai mengerjakan perpanjangan elektrifikasi jalur KA dari Solo Balapan-Solo Jebres-Palur sepanjang 6,2 Km. Ditambah dengan pembangunan Depo KRL di Solo Jebres sebagai tempat perawatan dan peningkatan kualitas layanan KRL Jogja-Solo.

Menhub menginginkan angkutan massal KRL menjadi andalan masyarakat di Jogja, Solo, dan sekitarnya. Oleh sebab itu, ia meminta integrasi atau perpindahan antarmoda angkutannya juga harus ditingkatkan.

“KRL Jogja-Solo harus tersambung dengan angkutan lainnya, seperti misalnya dengan Terminal Tirtonadi dan Bandara Adi Sumarmo. Kita harapkan minat masyarakat menggunakan KRL terus meningkat seperti di Jakarta yang per harinya mencapai 1,2 juta penumpang,” tuturnya.

Wacana KRL Solo-Jogja sampai Madiun mengemuka sejak KRL beroperasi. Banyak warganet yang menginginkan kereta listrik itu melayani hingga Madiun dan Kutoarjo.

Warganet sempat menyampaikan komentar mereka mengenai pengembangan KRL Solo-Jogja di fanspage Facebook Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: KRL Jogja-Solo Datang Disambut Tepuk Tangan Meriah Penumpang, Ada Apa?

“Tolong dong nyambung sampai Madiun ,pingin jln jln smp Jogja,” ungkap pengguna akun Facebook Bud Siswanto di kolom komentar unggahan Solopos.com, beberapa bulan lalu.

“Kira2 kapan yaa Sragen solo nya,” tambah pengguna akun Facebook Fransisca Tuti.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode