Kriuk! Camilan Keripik Tempe Khas Ngawi, Sudah Pernah Coba?

Camilan keripik tempe dari Ngawi, Jawa Timur menjadi salah satu penganan khas Kabupaten Ngawi yang memiliki rasa gurih dan kriuk.
SHARE
Kriuk! Camilan Keripik Tempe Khas Ngawi, Sudah Pernah Coba?
SOLOPOS.COM - Keripik tempe khas Ngawi. (facebook/ keripik tempe nyamnyam)

Solopos.com, NGAWI — Tempe kerap diolah menjadi aneka masakan maupun lauk atau pelengkap makanan.

Nah, di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, tempe diolah menjadi kuliner atau penganan ringan, yakni keripik. Rasanya kombinasi gurih dan renyah.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Sebetulnya, beberapa kota maupun kabupaten di Jawa Timur dikenal sebagai produsen keripik tempe. Sebut saja, camilan keripik tempe di Bojonegoro dan Malang.

Baca Juga: Awas Baper! Makan di Warung Bu Menel Solo, Bonusnya Dipanggil Sayang

Terkini, keripik tempe di Jawa Timur tidak hanya diproduksi Bojonegoro dan Malang. Makanan ringan itu dapat dijumpai di sejumlah toko jajanan khas di Kabupaten Ngawi.

Anda juga dapat membeli keripik tempe langsung ke sentra keripik tempe di Dusun Sadang, Desa Karangtengah Prandon, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, permintaan keripik tempe di sentra keripik tempe Dusun Sadang tinggi.

Salah satu produsen tempe di Dusun Sadang, Kemis, sudah menjadi pembuat tempe sejak 1985. Ia memutuskan memproduksi keripik tempe karena banyak permintaan. Dalam sehari, ia dapat menjual 13 lonjor tempe maupun keripik.

Baca Juga: Wedang Ronde Porsi Jumbo di Sukoharjo, Murah dan Menghangatkan

Keripik milik Kemis ini awalnya hanya tersedia rasa orisinal. Namun banyak permintaan membuatnya berinovasi. Ia mulai memproduksi keripik tempe dengan berbagai varian rasa.

“Mulai dari rasa manis atau pedas hingga asin tinggal nantinya diadonannya saja kami berikan gula atau garam secukupnya,” ujar Ika, putri Kemis yang membantu membuat keripik tempe sebagaimana dikutip dari laman Pemkab Ngawi, Senin (24/1/2022).

Bahan membuat keripik tempe, yakni tempe, tepung, racikan bumbu dari bawang putih, garam, dan ketumbar. Perpaduan bumbu ini sangat pas untuk penikmat camilan tempe.

Baca Juga : Kepelan, Camilan Enak Khas Klaten yang Murah Meriah

Penikmat keripik tempe asal Lamongan, Sri Hariati, menyebut keripik tempe bikinan Ngawi memiliki komposisi tepat. Menurutnya keripik tempe khas Ngawi memiliki cita rasa berbeda dari keripik tempe daerah lain.

“Terkadang ada keripik tempe yang rasa bumbunya terlalu nyolok [mencolok] sehingga menimbulkan rasa pahit setelah menelannya. Atau ada juga potongan tempenya yang terlalu tebal sehingga saat memakannya tidak ‘kriuk’,” katanya seperti dikutip Antara.

Keripik tempe dari Ngawi ini tak hanya dipasarkan di wilayah eks-Karesidenan Madiun, namun juga dipasarkan ke toko oleh-oleh di Solo, Jogja, Malang, Surabaya, hingga Ibu Kota Jakarta.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago