[ X ] CLOSE

Kritik Wapres & Ketua DPR, Akun Medsos BEM KM Unnes Diretas

Akun Instagram BEM KM Unnes di @bemkmunnes bahkan menghilang dan tidak bisa diakses sejak Rabu (7/7/2021) setelah kritik Wapres Ma’ruf Amin.
Kritik Wapres & Ketua DPR, Akun Medsos BEM KM Unnes Diretas

Solopos.com, SEMARANG – Akun media sosial (medsos) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Keluarga Mahasiswa (KM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengalami peretasan. Akun Instagram @bemkmunnes bahkan menghilang dan tidak bisa diakses sejak Rabu (7/7/2021).

Hilangnya akun di Instagram itu terjadi setelah akun itu mengunggah kritik terhadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, dan Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam unggahannya itu, akun @bemkmunnes milik BEM KM Unnes juga menampilkan gambar kepala negara serta julukan yang disematkan BEM UI, The King of Lip Service.

Baca juga: BEM KM Unnes Juluki Ma’ruf Amin The King of Silent

Selain itu akun BEM KM Unnes juga menampilkan gambar Wapres Ma’ruf Amin serta memberikan julukan The King of Silent. Sementara untuk Puan Maharani, BEM KM Unnes memberikan julukan The Queen of Ghosting.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa KM Unnes, Wahyu Suryono Pratama, membenarkan jika akun Instagram mereka diretas dan menghilang sejak pukul 16.00 WIB.

“Sekitar pukul 16.00 WIB, akun Instagram ofisial BEM KM Unnes dinonaktifkan dan seluruh unggahan di akun itu hilang,” ujar Wahyu kepada Solopos.com, Rabu petang.

Baca juga: Beri Contoh Penerapan PPKM, Ganjar Santap Siang di Parkiran

Pemanggilan Oleh Pimpinan Kampus

Hingga pukul 21.00 WIB, akun Instagram resmi milik BEM KM Unnes belum juga pulih. Seluruh unggahan akun tersebut pun tidak bisa diakses.

“Kami sangat prihatin dengan kondisi ini. Kejadian ini wujud nyata dari melemahnya demokrasi di Indonesia, termasuk demokrasi digital. Kejadian ini seolah sudah menjadi tradisi ketika orang atau lembaga melakukan kritik berbalas dengan serangan balik secara digital. Seharusnya ada jaminan terhadap kebebasan berekspresi baik di ruang nyata maupun dunia maya,” ujar Wahyu.

Baca juga: Muncul Awan Berbentuk UFO, BMKG: Itu Berbahaya!

Selain mengalami peretasan akun media sosial BEM KM Unnes, Wahyu juga mengaku mendapat pemanggilan dari para pimpinan Unnes.

Pemanggilan tak terlepas dari aksi BEM KM Unnes yang mengunggah kritik terhadap Wapres dan Ketua DPR. Mereka bahkan diminta menghapus unggahan tersebut.

Akun BEM KM Unnes yang diretas ini hampir serupa dengan yang dialami BEM Universitas Indonesia (UI) saat mengkritik Presiden Jokowi dengan sebutan King of Lip Service, beberapa waktu lalu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BEM KM UNNES (@bemkmunnes)

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago