SOLOPOS.COM - Kapolda se-Jawa berkumpul di Markas Polda Jateng, Kota Semarang guna membahas krisis Rohongya, Selasa (5/9/2017). (Imam Yuda sapitra/JIBI/Semarangpos.com)

Krisis kemanusiaan Rohingya membuat kapolda se-Jawa berkumpul di Mapolda Jateng guna membahasnya.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepala kepolisian daerah (kapolda) se-Jawa berkumpul di Markas Polda Jateng, Semarang, Selasa (5/9/2017). Mereka berkumpul guna membahas aksi kemanusiaan yang akan digelar sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) terkait krisis kemanusiaan umat muslim Rohingya di Myanmar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Semarangpos.com, para kapolda atau perwakilan mereka itu menggelar pertemuan di Kantor Ditlantas Polda Jateng sejak pukul 14.00 WIB. Mereka yang datang antara lain, Kapolda DIY Brigjen Pol. Ahmad Dofiri, Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Awan Samudra, Wakapolda Jateng Brigjen Pol. Indrajit, Asops Kapolri Irjen Pol. M. Iriawan, dan Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono.

“Mereka berkumpul di sini untuk membahas pengamanan terkait rencana aksi solidaritas Rohingya di Candi Borobudur, Jumat [8/9/2017]. Mungkin rapatnya selesai nanti sebelum Maghrib,” ujar salah seorang pejabat Humas Polda Jateng saat berbincang dengan Semarangpos.com di sela-sela menunggu rapat berakhir.

[Baca juga Polda Jateng Larang Aksi di Borobudur]

Kapolda Jateng Irjen Pol. Condro Kirono sebelumnya telah mengeluarkan larangan terkait aksi solidaritas di Candi Borobudur. Alasannya tak lain karena Candi Borobudur merupakan tempat wisata sehingga tidak boleh digunakan untuk menggelar unjuk rasa.

Bab IV Pasal 9 UU No. 9/1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum memang membatasi lokasi pemyampaian pendapat di muka umum. Tertukis pada Pasal 9 angka 2 huruf a, bahwa penyampaian pendapat di muka umum dilaksanakan di tempat-tempat terbuka untuk umum, kecuali di lingkungan istana kepresidenan, tempat ibadah. instalasi militer, rumah sakit, pelabuhan udara atau laut, stasiun kereta api. terminal angkutan darat, dan objek-objek vital nasional.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya