Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Krisis Global Bisa Berdampak Pada Kenaikkan NPL, BPR Harus Lebih Waspada

Dampak krisi global pada sektor perekonomian tersebut di antaranya bisa berupa inflasi yang cenderung meningkat, harga kebutuhan pokok melambung, hingga daya beli yang menurun.
SHARE
Krisis Global Bisa Berdampak Pada Kenaikkan NPL, BPR Harus Lebih Waspada
SOLOPOS.COM - Suharno

Solopos.com, SOLO—Meski kondisi ekonomi Indonesia terbilang kuat, namun dampak krisis global diprediksi akan berimbas pada sektor perekonomian.

Berbagai risiko bisa saja muncul dalam kondisi tersebut, salah satunya peningkatan NPL atau Non Performance Loan. Terkait hal itu BPR pun diharapkan siap mengantisipasinya.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Direktur Amalia Consulting, Suharno, mengatakan dampak krisi global pada sektor perekonomian tersebut di antaranya bisa berupa inflasi yang cenderung meningkat, harga kebutuhan pokok melambung, hingga daya beli yang menurun.

Di sisi lain suku bunga bank yang tinggi, akan berdampak dana pihak ketiga baik tabungan dan deposito meningkat. Sementara penyaluran kredit akan menurun yang disertai peningkatan kredit bermasalah atau NPL.

“Masyarakat lebih suka menyimpan uang dari pada melakukan usaha di sektor riil, karena pasar sepi, apabila usaha tetap dijalankan bisa merugi. Hal ini dipicu karena rendahnya daya beli masyarakat. Dengan meningkatnya dana pihak ketiga, maka bank perlu pula meningkatkan kewaspadaan terhadap penerapan program APU PPT [Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme]. Selain itu potensi resiko lain yang muncul adalah peningkatan NPL. Menghadapi kondisi ini BPR harus siap mengantisipasi dan melakukan mitigasi resiko,” kata Suharno, dalam keterangan tertulisnya usai tampil sebagai fasilitator pelatihan APU PPT di @Hom Hotel Kudus, Minggu (2/10/2022).

Diketahui, pelatihan penerapan program APU PPT Berbasis Profil Risiko Nasabah tersebut diikuti 82 peserta dari jajaran pengurus dan pegawai PT BPR BKK Kudus.

Acara tersebut juga diawali dengan pembinaan dan motivasi bagi seluruh pegawai BPR BKK Kudus dari Biro Perekonomian Setda Provinsi Jateng dan Komisaris Utama BPR BKK Kudus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode