SOLOPOS.COM - Pembangkit listrik tenaga bayu atau angin. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan pemberangkatan Tim Ekspedisi Energi 2022 adalah terobosan bagus yang dilakukan Solopos dalam rangka kampanye energi terbarukan dan memberitakan insan yang inovatif dalam penyediaan energi.

Langkah ini sejalan dengan keinginan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam pembangunan sektor energi. Krisis energi akan terjadi bila mulai saat ini tidak ada langkah-langkah yang tepat dalam pengelolaan energi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertumbuhan penduduk, pembangunan, dan semakin ber-kembangnya sektor industri menyebabkan kebutuhan energi semakin meningkat. Harus ada upaya diversifikasi dan konservasi energi serta sumber energi baru terbarukan. Ulasan lengkap bisa dibaca di Eksplorasi Inovasi Energi 2022.

Relasi bilateral Indonesia dan Australia selalu mengalami pasang surut, bahkan panas dingin, karena urusan etika, urusan gaya komunikasi. Walakin, kedua negara menganggap relasi sebagai negara tetangga tetap srtategis di kawasan Asia-Pasifik.

Kunjungan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese ke Indonesia pada 6 Juni 2022 lalu menandakan signifikansi Indonesia sebagai mitra utama Australia. Indonesia juga memosisikan Australia sebagai mitra utama di kawasan Asia-Pasifik dan Indo-Pasifik. Duduk perkara bisa dipahami di Pasang Surut karena Etika, Relasi Indonesia-Australia Tetap Strategis.

Cokekan adalah pentas seni vokal dengan iringan instrumen gamelan Jawa, di antaranya kendang, gender, dan siter yang menjadi klangenan mbok dan pak tani di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gending cokekan menjadi musik pengiring aktivitas hingga lagu pengantar tidur.

Apabila mengetik kata ”cokekan” di laman pencarian Google, akan muncul rujukan ”cokekan Sragen”. Kabupaten Sragen memang dikenal sebagai daerah penghasil seniman cokekan di Jawa Tengah, khususnya Soloraya. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Mengenal Cokekan Sragen, Klangenan Mbok dan Pak Tani.

Konvensi untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden menjadi pilihan bagus, bahkan ideal, bagi partai-partai politik yang telah membangun koalisi lebih awal untuk menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Masa pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu 2024 berlangsung selama 38 hari, yakni 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023. Masa kampannye calon presiden dan calon wakil presiden hanya 75 hari, yaitu 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Uraian lengkap tersaji di Konvensi Langkah Ideal Setelah Partai Politik Berkoalisi Lebih Awal.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya