SOLOPOS.COM - Warga Dusun Tumpak Desa Sidomulyo, Budi menempelkan tulisan di pagar rumah warga, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, Boyolali — Tiap daerah mempunyai cara sendiri untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Umumnya warga mengadakan lomba-lomba dan memasang bendera dan umbul-umbul di sepanjang jalan.

Ada pula yang membuat kreasi seperti yang dilakukan warga RT 01/RW 07, Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali ini. Mereka menghiasi pagar mereka dengan kutipan bernada positif dan edukatif. Tulisan tersebut dibuat dari semen yang kemudian ditempelkan permanen di setiap pagar rumah warga.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tujuannya untuk memberikan nasihat dan energi positif untuk warga yang melewati jalan ini, juga agar kampung nya semakin terlihat indah,” ucap inisiator kegiatan, Budi Santosa, saat ditemui Solopos.com, Rabu (10/8/2022).

Ekspedisi Mudik 2024
tulisan kreatif
Tulisan di pagar rumah warga RT 01/RW 07 Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Ampel Boyolali, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Nova Malinda)

Ia menjelaskan pengerjaan tulisan di pagar dimulai sejak Selasa (9/8/2022). Targetnya seluruh pagar rumah Warga di RT 01 selesai diberi tulisan sebelum HUT tiba. Dalam mengerjakannya, dibantu oleh satu rekannya yang masih satu RT.

Baca Juga: Berkah Agustusan, Perajin Lilin di Ampel Boyolali Kebanjiran Order

Beberapa tulisan yang sudah selesai dibuat berisi kutipan bijak, ada yang berasa Jawa ada pula yang berbahasa Indonesia. Misalnya, Akehno Nyukuri Nikmat Supoyo Ora Sambat.

Untuk menambah kreativitas, sambung Budi, tulisan yang selesai dibuat akan diwarnai oleh anak-anak yang tinggal di lingkungan RT itu.

“Kami yang mewarnai tulisan itu menggunakan cat warna dasar putih, setelahnya baru dicat sesuai keinginan” ucap, Moris dan Jihan, dua bocah berusia sembilan tahun yang tinggal di RT itu.

Warga lain, Margono, mengatakan RT-nya menjadi lokasi percontohan oleh Desa Sidomulyo yang akan dirintis sebagai desa wisata. “RT lain juga sudah ada rencana yang ingin membuat seperti ini,” ucap Margono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya