SOLOPOS.COM - Pembagian doorprize minyak goreng dalam kegiatan Senam Sehat di Heritage Palace, Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT 002/RW 008, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (27/3/2022). (Solopos/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Komunitas Pawartos menggelar senam sehat akbar berhadiah minyak goreng di Heritage Palace, Jl. Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT 002/RW 008, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (27/3/2022).

Senam sehat tersebut diikuti ibu-ibu dari berbagai daerah di Kartasura. Presidium Pawartos, Ruthsahaya Sapujiati, mengatakan kegiatan senam akbar kali itu dimeriahkan pembagian doorprize sebanyak dua kardus minyak goreng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sebenarnya dari pawartos melihat fenomena tingginya harga minyak goreng. Apalagi menengah ke bawah itu kan sangat terpengaruh harga minyak goreng. Sebetulnya mau membuat bazar minyak goreng murah sebelum awal puasa tapi belum bisa terlaksana. Kemudian kami alihkan di sini dulu. Ada dua kardus minyak goreng,” terangnya saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu.

Baca Juga : Wah, Ada Festival Toleransi di Lahan Eks Terminal Kartasura Sukoharjo

Ruthsahaya menyampaikan kegiatan itu berawal dari pelaksanaan program Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kartasura. Pelaksanaannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat saat pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut menggandeng Pawartos untuk menggerakkan masyarakat dede bareng (Debar).

“Dari program itu kami implementasikan ke desa-desa. Berjalannya waktu ternyata banyak yang ingin [tahu] seperti apa dede yang benar, durasi waktu, aktivitas fisik yang benar, olahraga, dan gerakan semua,” terangnya.

Senam itu mayoritas diikuti ibu-ibu di seluruh Kecamatan Kartasura. Namun, ada dua desa di Kartasura, yakni Gonilan dan Singopuran tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut karena lokasi kurang memungkinkan dan kebutuhan protokol kesehatan (prokes). Jumlah peserta diperkirakan 330 orang hingga 556 orang.

Baca Juga : Pawartos Peringati Sumpah Pemuda, Banyak Acara & Lomba Meriah

Olahraga Sambil Silaturahmi

Senam akbar telah berlangsung tiga kali selain di Heritage Palace biasanya dilakukan di Taman Pawartos (Terminal Lama Kartasura). Dia berharap ke depan semakin banyak masyarakat sadar pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi.

Kegiatan tersebut diadakan pukul 07.00 WIB-09.00 WIB dan mendapat dukungan dari Ketua Dasiat (Pemuda Sehat) Kecamatan Kartasura sekaligus Pengurus Dasiat Kabupaten Sukoharjo, Budi Setyana. Budi menyatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya silaturahmi dengan berolahraga.

Baca Juga : Bekas Terminal Kartasura Jadi Pusat Kuliner, 57 Pedagang Sudah Aktif

“Ini kegiatan yang bagus dan positif sehingga ada sinergitas berbagai komunitas [senam] dan juga ajang silaturahmi. Dengan olahraga bisa mempersatukan masyarakat bersama,” jelasnya.

Dia berharap pemerintah desa dan kabupaten mendukung kegiatan tersebut. Owner Sagita Lovers (Komunitas Senam) asal Gumpang, Kartasura yang juga sebagai pengisi kegiatan, Wiwik Widiastuti, 38, mengatakan kegiatan berlangsung lancar.

Baca Juga : Timbang Mangkrak, Pawartos Bikin Taman di Lahan Eks Terminal Kartasura

“Alhamdulillah lancar. Sudah ada koordinasi dengan beberapa koordinator dari wilayah [desa] untuk mewakili dan mengurus anggota. Listnya [daftarnya] tadi 330 ternyata membengkak. Agak repot sedikit tapi sudah bisa terkendalikan,” jelas Wiwik.

Biasanya, Sagita Lovers menyelenggarakan senam sebanyak tiga kali dalam satu pekan. Dia berharap kegiatan tersebut akan terus berlanjut agar masyarakat dapat bersilaturahmi sekaligus berolahraga bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya