SOLOPOS.COM - Bebek brontak (Nadhiroh/JIBI/SOLOPOS)

Bebek brontak (Nadhiroh/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Kreasi menu olahan daging bebek masih banyak jenisnya. Di Klaten daging bebek sudah lama digunakan untuk soto bebek dan ingkung. Anda dapat menjumpai di sepanjang Jalan Raya Klaten-Jogja di wilayah Gondang, Kecamatan Jogonalan. Di wilayah itu banyak ditemui deretan penjual olahan bebek.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu pemilik warung di Gondang, Ny Sabar, 44, mencoba melebarkan sayap dengan menghadirkan Warung Makan Soto Bebek Bu Sabar di Jl Mayor Kusmanto 80 Bramen, Klaten Utara, Klaten. Soto bebek dibanderol harga Rp5.000/porsi, ingkung bebek kosongan Rp70.000 dan ingkung bebek komplit Rp75.000.

“Kalau ingkung sudah banyak untuk oleh-oleh ke Kalimantan, Batam dan daerah lain,” kata Sabar saat ditemui Espos di warungnya, Rabu (5/12).

Menurut Sabar, ingkung bisa tahan sampai dua hari karena tidak memakai pengawet. Di tempat lainnya, daging bebek diolah menjadi bebek brontak. Bebek Brontak Kang Hibban di Jl Mayor Kusmanto YKP No 1 Bramen Bareng menyajikan daging bebek dengan rasa yang sangat pedas.

“Daging bebeknya tidak hitam, enggak dibakar, enggak digoreng dan tidak dipanggang. Daging dimasak dengan bumbu dan air. Daging bebek dibalut dengan bumbu yang cabainya hanya tumbuh di tempat tertentu di dataran tinggi. Cabainya unik,” terang pemilik Bebek Brontak Kang Hibban, Saptya Eka Haryadi.

Lelaki yang biasa disapa Eka itu menuturkan pihaknya mencoba memaksimalkan pemanfaatan cabai di bebek brontak. Selain cabai, berbagai rempah asli Indonesia menambah rasa bebek brontak kian lezat. Di antaranya jahe, kunyit dan merica.

Bebek brontak dibanderol harga Rp12.500/porsi. Selain bebek brontak, Eka menyampaikan pihaknya akan menyajikan menu baru berupa rica-rica bebek pada awal tahun baru.

“Saat ini semakin banyak kuliner yang memakai daging bebek di mal-mal dan food court. Kami rencananya akan membuka di Solo. Sedang mencari tempat. Kami ada cabang di Yogya, Depok dan akan membuka di Bondowoso,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya