SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo berencana menyortir sendiri surat suara Pemilu Presiden tahun 2019 pada pekan depan. Penyortiran akan dilakukan oleh tim internal KPU Solo di Kantor KPU Solo di Kelurahan Sumber, Banjarsari. “Sedang kami rencanakan untuk penyortiran dan pelipatan surat suara. Rencana pekan depan,” ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat dihubungi Solopos.com, melalui telepon seluler (ponsel), Selasa (12/2/2019).

Nurul mengaku belum tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penyortiran dan pelipatan 430.439 surat suara pilpres. Yang pasti menurut dia kegiatan itu akan dilakukan personel internal KPU Solo melibatkan tenaga outsourcing. Pelibatan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dilakukan saat penyortiran surat suara Pemilu Legislatif 2019. Tapi hingga kini belum ada kepastian kapan surat suara Pemilu Legislatif 2019 tiba di KPU Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami libatkan PPS dan PPKS saat penyortiran surat suara Pemilu Legislatif. Tapi kami masih menunggu belum datang juga. Untuk yang surat suara Pemilu Presiden 2019 ini tidak banyak membutuhkan tenaga. Nanti internal saja,” ujar dia.

Ditanya perlakuan terhadap suarat suara yang dinyatakan tidak layak, menurut Nurul akan dimusnahkan dengan cara dibakar. KPU Saolo akan membuat dokumentasi dan laporan pemusnahan itu dengan disaksikan pemangku kepentingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya