SOLOPOS.COM - Pekerja mengusung kotak suara berisi logistik perlengkapan Pilkada Solo 2020 untuk dinaikkan ke truk di gudang logistik KPU Solo, Senin (7/12/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Solo mulai mendistribusikan logistik Pilkada 2020 ke 54 panitia pemungutan suara (PPS), Senin (7/12/2020).

KPU menargetkan proses itu tuntas pada Selasa (8/12/2020). Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, saat wawancara dengan wartawan mengatakan hari pertama penyaluran logistik menyasar PPS tiga kecamatan yakni Banjarsari, Jebres, dan Laweyan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ada 2.522 kotak suara berisi berbagai jenis logistik pilkada yang tersalurkan pada hari pertama. Sisanya akan didistribusikan pada Selasa atau sehari sebelum pemungutan suara. “Berbagai logistik kami masukkan kotak lalu kami kirimkan,” tuturnya.

Sejumlah Kepala OPD Pemkot Solo Positif Covid-19, Sekda Dan Wali Kota Karantina Mandiri

Ketua KPU Solo itu menjelaskan logistik Pilkada itu seperti formulir C plano, tinta tanda sudah mencoblos, dan berbagai logistik lain. Sedangkan kotak suara yang meliputi kotak pemungutan suara, kotak suara keliling, hingga kotak suara tingkat PPK.

“Baik kotak untuk pemungutan pada TPS, kotak suara keliling untuk yang isolasi mandiri di rumah sakit, orang lansia, dan kotak tingkat PPK. Kotak-kotak itu berisi logistik pemilu, mulai dari formulir C plano, tinta, alat pencoblos dan seterusnya,” katanya.

Paket APD

Sedangkan alat pelindung diri (APD) untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah selesai didistribusikan. Pada paket APD untuk KPPS sudah terdapat cairan disinfektan guna sterilisasi periodik TPS dan baju hazmat.

Siap-Siap! Mulai 15 Desember, Semua Pendatang Masuk Kota Solo Wajib Karantina Di Benteng Vastenburg

“Baju hazmat dipakai satu petugas KPPS untuk melayani pemilih yang saat dicek suhunya 37,3 derajat Celcius lebih. Pemilih kami arahkan ke bilik khusus. Setelah pukul 12.00 WIB, petugas berkeliling melayani yang isolasi mandiri dan pemilih lansia,” imbuhnya.

Ihwal calon pemilih yang sedang menjalani isolasi mandiri karena Covid-19, menurut Nurul, sedang ia mintakan datanya ke Dinas Kesehatan Solo. Data akhir pemilih yang isolasi mandiri kemungkinan akan diserahkan ke KPU Solo pada Selasa.

“Hari ini secara informal sudah koordinasi. Artinya sampai besok kami masih menerima data yang isolasi mandiri di rumah, dan pemilih pindahan di rumah sakit. Kami harus pastikan mereka sudah dapat A5,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya